Pentingkah Menggunakan Sunscreen Setiap Hari? Yuk Intip Jawabannya!

Holla…

Apa kabar September?

Semoga kalian semua menikmati hari-hari yang indah di September ini ya.

Jangan sampai nanti ada yang nyanyi galau kayak “wake me up, when september ends…”

Hahahaa….. No!

Well, masih seputar kesehatan kulit. Kalau sebelumnya aku bahas cara membersihkan wajah dengan Double/triple cleansing, kali ini aku akan bahas mengenai Sunscreen!

Guys, apakah kalian termasuk golongan orang-orang yang menggunakan sunscreen setiap hari?

Sebenarnya penting ga sih menggunakan sunscreen setiap hari?

Okee, mari kita bahas ya…

Sunscreen merupakan suatu produk skincare/perawatan kulit berupa gel, lotion, atau krim yang memiliki fungsi untuk melindungi kulit dari radiasi sinar UV, baik itu UVA maupun UVB. Paparan sinar UV (ultraviolet) yang berlebihan dapat memberikan pengaruh buruk terhadap kulit. Efek negatif yang dapat ditimbulkan akibat paparan sinar UV adalah sunburn, penuaan dini hingga yang terburuk adalah meningkatkan risiko kanker kulit.

Sebahaya itukah sinar UV?

Jawabannya, Yes!

Menurut WHO, angka kejadian kanker kulit beberapa dekade terakhir meningkat. Hal ini berhubungan dengan tingginya paparan sinar matahari dan banyaknya jenis kegiatan outdoor sehari-hari. Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat berdampak terhadap kulit, mata, dan sistem kekebalan tubuh. Menurut para ahli, empat dari lima kasus kanker kulit dapat dicegah, dan dampak akibat sinar UV sebagian besar dapat dihindari.

Paparan UV juga berdampak pada masalah penuaan dini pada kulit. Paparan UV dapat memicu timbulnya flek hitam, kullit kusam dan timbulnya keriput pada wajah. Sinar UV juga dapat memicu terjadinya hiperpigmentasi pada kulit. hal ini akibat paparan sinar UV yang berpengaruh terhadap aktivitas dari penghasil pigmen melanin di kulit kita.

Oh ya, sebelumnya mungkin ada yang mengenai istilah sunblock. Apasih bedanya sunblock dan sunscreen?

Ini hanya mengenai istilah aja guys. Istilah sunblock dipakai untuk kandungan mem-block sinar UV. Namun, istilah ini tidak dipakai lagi dan tidak dianjurkan oleh FDA (Food and Drug Administration). Sekarang yang dipakai adalah istilah sunscreen.

Beberapa tips berikut dapat kamu cermati dalam memilih dan menggunakan sunscreen:

  1. Rekomendasi WHO, sebaiknya menggunakan sunscreen minimal dengan kandungan SPF 15 dan diaplikasikan kembali setiap 2 jam (terutama saat kegiatan outdoor, seperti bekerja, berenang, bermain, dan kegiatan outdoor lainnya).
  2. Pilihlah jenis sunscreen yang sesuai dengan jenis/tipe kulitmu. Sebagai contoh, aku sendiri yang memiliki kulit oily acne prone memilih sunscreen yang cocok dengan tipe kulitku. Aku pakai sunscreen merk Erha. Baca mengenai review produk erha di sini ya. Dalam memilih sunscreen kamu harus tau kandungan dari produk sunscreen yang kamu gunakan, apakah dia bersifat oily, watery atau dry.
  3. Gunakan sunscreen di area wajah, leher, dan tangan/kaki (jika diperlukan) 4. Sebaiknya gunakan sunscreen sebelum mengaplikasikan makeup. Karena sunscreen meruakan step terakhir dari makeup, ingat ya!.
  4. Konsultasikan dengan dokter kulit, jika terdapat keluhan ya.

Naah, udah tau kan pentingnya sunscreen dan cara penggunaannya?. Bagi kamu yang belum rutin atau bahkan sama sekali belum pernah menggunakan sunscreen, ayo mulai dipakai ya. Penting sekali untuk merawat dan menjaga kesehatan kulit. Sunscreen dapat digunakan untuk anak (di atas 6 bulan) hingga dewasa bahkan lansia. Menjaga dan merawat kesehatan kulit ga cuma kerjaan cewek-cewek muda ya, cewek atau cowok wajib hukumnya menjaga kesehatan kulit.

 

Well, sekian dulu ya postingan kali ini. Semoga informasi di atas bermanfaat!

 

 

(Visited 37 times, 3 visits today)
Spread the love
7 Komentar Tambahkan milikmu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *