Film-film Adaptasi Sherlock Holmes, Mana Favoritmu?

Holla…

Menghabiskan lebih banyak waktu di rumah selama pandemi tentu akan menimbulkan rasa bosan. Tapi hal itulah yang dapat dilakukan untuk kebaikan diri dan orang lain dimasa pandemi ini.
Mungkin beberapa hal seru berikut dapat kamu lakukan di rumah untuk mengatasi rasa bosanmu. Cek di sini!

9 Hal Seru Agar Kamu Tidak Bosan di Rumah

Salah satu hal seru yang dapat kamu lakukan adalah menonton film. Menikmati cerita demi cerita dan berbagai genre film dapat membuatmu mengilangkan rasa bosan.

Taukah kamu tokoh Sherlock Holmes?.

Tokoh detektif yang sering disebut-sebut dalam berbagai macam novel dan film. Tokoh fiksi yang seolah-olah adalah legenda nyata ini sudah ada sejak lama. Sir Arthur Conan Doyle, seorang dokter dan juga seorang penulis kebangsaan Skotlandia, telah membuat tokoh Sherlock Holmes dalam novel fiksinya. Tokoh yang ikonik serta fenomenal itu menjadi legenda dan dikagumi bahkan hampir di seluruh dunia.

Saking fenomenalnya, bahkan Sherlock Holmes masuk Guinnes Books of Records sebagai tokoh yang paling banyak diperankan, baik dalam teater, film, serial TV, animasi, ataupun drama radio.

Banyak produser yang coba menggarap film dengan tokoh Sherlock Holmes dan banyak diantaranya yang menjadi hits. Hingga aktor yang memainkannya juga meraih popularitas dengan perannya tersebut. Hmm, penasaran?.

Berikut film adaptasi tentang tokoh Sherlock Holmes yang dapat kamu nonton di waktu luangmu!

1. Sherlock Holmes (2009) dan Sherlock Holmes: A Game of Shadows (2011)

Kedua film ini diperankan oleh Robert Downey Jr sebagai Sherlock Holmes dan Jude Law sebagai Dr. Watson. Aku sudah menonton film ini lebih dari dua kali dan tidak pernah bosan setiap menontonnya. Suasana komedi, misteri serta plot twist ala Detektif Sherlock selalu bikin puas dan menghibur. Untuk masalah akting tentu tidak perlu diragukan lagi. Nama besar yang memerankan karakter utama sudah begitu meyakinkan. Di sini aku melihat Robert Downey Jr benar-benar sebagai seorang Sherlock Holmes dan lupa sejenak bahwa dia juga seorang Iron Man di Avengers.

Cerita dimulai pada tahun 1890, tetang detektif fenomenal Sherlock Holmes dan rekannya dr. John Watson disewa oleh sebuah organisasi rahasia untuk menggagalkan rencana seorang yang diduga memiliki kekuatan mistis untuk merusak ketentraman kerajaan Inggris . Rachel McAdams berperan sebagai mantan musuh mereka Irene Adler dan Mark Strong menggambarkan penjahat Lord Henry Blackwood.

Di sekuelnya Sherlock Holmes: A Game of Shadows yang tayang pada 2011 mereka kembali berpetualang. Sherlock Holmes dan dr. Watson melakukan perjalanan melintasi Eropa dengan seorang petualang asal Romawi. Mereka memiliki misi untuk menggagalkan rencana buruk musuh bebuyutan mereka, Profesor Moriarty untuk memicu perang.

2. Mr. Holmes (2015)

Ketika Sherlock Holmes sudah ingin pensiun dan ingin mengakhiri kasus terakhirnya. Di usia senjanya, Sherlock Holmes tinggal di pedesaan dan memelihara lebah untuk madu di belakang rumahnya. Di usianya yang senja, ia ditemani oleh seorang asisten rumah tangga dan anak lelakinya untuk membantu mengurus rumah dan dirinya. Ingatan Sherlock Holmes tidak sebaik dulu lagi, ia mulai pikun seiiring bertambahnya usia. Namun Sherlock Holmes tetap ingin menyelesaikan kasus terakhirnya.

Salah satu film adaptasi tentang tokoh Sherlock Holmes yang santai dan memiliki banyak pesan-pesan moral. Ada plot twist, tapi tidak menggebu-gebu dan tidak menegangkan seperti film lain. Film ini tergolong tidak berat jika dibandingkan dengan film adaptasi Sherlock Holmes lainnya. Menurutku, film ini cocok untuk kamu nikmati bersama keluarga di malam hari setelah makan malam.

3. Sherlock Series

Dibintangi oleh Benedict Cumberbatch sebagai Sherlock Holmes dan Martin Freeman sebagai dr. Watson, serial ini merupakan salah satu serial yang sempat hits dan mendapat banyak respon positif di seluruh dunia. Serial ini tayang di BBC terbagi dalam 4 season utama dan satu episode spesial. Dimulai dari season 1 (2010), season 2 (2011), episode mini natal (2013), season 3 (2014), dan season 4 (2017) . Serial ini merupakan salah satu serial yang selalu aku-tunggu-tunggu setiap kali tayangnya. Rumornya mereka sedang mempersiapkan season 5 yang diperkirakan akan tayang di 2020/2021.

Di serial ini, kita akan dibawa pada adaptasi tokoh Sherlock Holmes dalam situasi yang sudah modern. Setting waktu London modern, penggunaan handphone, dr. Watson dengan blognya, cerita yang lebih dikembangkan membuat serial ini menjadi salah satu film adaptasi Sherlock Holmes terbaik. Karakter di film ini juga lebih banyak dan memiliki peran yang kuat. Plotnya juga dibuat mind blowing dan penuh plot twist, membuat kita bisa geleng-geleng kepala saat menontonnya. Berbeda dengan karakternya di Doctor Strange dan The Imitation Game, Benedict Cumberbatch tampil memukau dengan perannya sebagai Sherlock Holmes dengan gayanya sendiri. Ciri khas yang membuat Sherlock Holmes versi Benedict punya tempat sendiri di hati para penggemarnya.

4. Sherlock Holmes and the Case of the Silk Stocking (2004)

Film ini tayang di BBC One pada tahun 2004. Film ini merupakan sekuel dari The Hound of the Baskervilles yang sebelumnya tayang pada 2002. Namun pemeran Sherlock Holmesnya berbeda antara dua film ini. Rupert Everett memainkan karakter Sherlock Holmes dan Ian Hart sebagai Dr. Watson. Untuk film ini aku tidak memiliki ekspektasi yang terlalu tinggi, karena settingan tidak menarik dan sinematografi yang masih kurang bagus. Yaa karena sudah biasa berbius oleh film-film jaman sekarang, sehingga film tahun 2004 terkesan lebih hambar karena visualnya.

5. Enola Holmes (2020)

Tayang di Netflix September 2020 lalu, film ini langsung bikin heboh bahkan menjadi trending topic di Twitter. Kali ini premis bukan di kisah Sherlock Holmes, melainkan kisah adiknya Enola Holmes. Sebenarnya ini merupakan karakter baru yang tidak ada dalam cerita Sherlock Holmes sebelumnya. Di film ini, digambarkan bahwa selain Mycroft Holmes, Sherlock Holmes juga memiliki seorang saudari perempuan yang masih berusia 16 tahun yang tinggal bersama ibunya di desa. Memiliki jiwa pemberani dan cita-cita ingin bebas mencapai impiannya, Enola memulai petualangannya untuk membuktikan diri pada kedua kakaknya.

Film yang merupakan adaptasi dari serial novel karya Nancy Springer, tidak seberat film Sherlock lainnya. Sebuah film remaja penuh dengan ambisi dan petualangan seorang gadis muda di masa kehidupan Inggris tahun 1880-an cocok untuk menggambarkan premis film ini.

Tidak sedikit respon negatif untuk film ini, karena mungkin para penggemar Sherlock Holmes berharap banyak pada karakter Sherlock dan juga berharap jalan cerita film ini akan lebih menantang. Namun berbeda dengan harapan, film ini tentu lebih fokus pada tokoh Enola Holmes dan menyajikan jalan cerita yang sesuai untuk film remaja ini. Jangan harapkan tampilan eksentrik dan khas ala Sherlock Holmes di film ini, malah kamu akan menemukan seorang tokoh Sherlock Holmes yang lebih hangat, peduli, penyayang serta lebih berwibawa. Bahkan gara-gara hal ini, kabarnya ahli waris penulis cerita Sherlock Holmes menuntut Netflix, karena karakter Sherlock Holmes difilm ini dinilai berbeda dari karakter yang aslinya milik Conan Doyle.

Meski begitu, film Enola Holmes tetap memiliki pasarnya sendiri. Film ini juga lumayan seru dan tidak membosankan untuk ditonton.

Well, itu dia film-film adaptasi Sherlock Holmes yang dapat kamu tonton untuk mengisi waktu luangmu di rumah. Masih banyak film adaptasi Sherlock Holmes lainnya, mungkin bisa kita bahas di kesempatan lain! See you!

Baca juga : Review Karakter Serial Money Heist La Casa De Papel

18 Komentar
  1. Aku tuh terakhir nonton Sherlock Holmes cuma yang RDJr aja yang main di filmnya, soalnya ga terlalu suka series jadi nggak ngikutin, ternyata sebanyak itu ya 😀 aku next mau nonton yg Enola Holmes sih

    1. Versi RDJr juga keren banget sih. Kalau yang series mungkin karena kebanyakan dan kasusnya lebih ribet kali ya.

  2. Jujur, aku belum pernah sama sekali menonton film Sherlock Holmes ini Mba. tetapi, aku sudah sering baca di koran jaman dahulu, kalau tokoh ini piawai banget dalam mengungkap kejahatan. Kapan-kapan aku liat, ah.

  3. sherlock 1 dan 2 udah ku tonton tinggal yg 3 apakah sudah keluar apa belum ya?? ya walaupun aku ingin robert downey jr yang main di sherlock holmes 3 tapi pasti seru ni film

  4. Kalau baca cerita Sherlock Holmes dulu kayak yg seru gitu. Ngebayanginnya keren. Pas liat filmya, kenapa ngantuk yah? Pengen nonton ih Enola Holmes, kan tahun 2020 tuh. Malah kekinian kalik ya…

  5. Waah aku belum pernah nonyon satupun dari kelima film tersebut. Tapi kalau bukunya dulu aku pernah baca beberapa. Fenomenal banget ya Sherlock Holmes ini.

  6. Pernah beberapa kali nonton film serial Sherlock Holmes ini tapi kadang nggak sampai habis soalnya nonton di TV di rumah dimana banyak gangguan. Pengen menyelesaikan semua serialnya.

  7. Pada dasarnya aku suka cerita misterius, detektif2an. Suka sosok Sherlock Holmes dari detektif Conan aja. Wkwkwk mau ntn film nya kok takut bosen.

    Tapi kayaknya byk yg review + deretan film ini..

    Aku noted bgt ah mau ntn weekend ini hihi

  8. Pernah nonton Sherlock seriesnya 2 season, yang serialnya selain seru komedinya juga ada, Benedict dan Martin memang serasi banget di situ, penasaran juga sama serial baru Enola Holmes katanya memang gak kalah seru dengan serial terdahulu

  9. Film2 tentang sherlock holmes ini memang menarik untuk disaksikan ya. Cerita detektif yg mengajak penonton terus berpikir, menebak-nebak apa atau siapa sebenarnya yg terjadi dan terlibat dalam sebuah peristiwa

  10. Sherlock Holmes ini salah satu tokoh favorit saya, Mbak. Mungkin karena saya memang suka cerita misteri dan detektif. Kumpulan ceritanya bahkan saya baca berulang-ulang. Nah, saya makin happy nih, dapat rekomendasi filmnya. Ini bisa disamakan dengan james Bond ya, Mbak. Tokohnya banyak diperankan dalam berbagai film.

  11. Dari judul film yang disebutkan,kayaknya belum ku tonton deh. Tapi yang bikin penasaran tuh yang film judul Enola Holmes (2020) nya, yang menceritakan sosok gadis belia berusia 16 tahun yang ingin gapai impian nya.
    Pas banget kalau ditonton saat weekend nanti.

  12. Sherlock Holmes and the Case of the Silk Stocking sepertinya menarik, karena memiliki settingan jaman dahulu. beda dari film sejenis yang sudah kekinian

Komentar ditutup.