Menanam Stroberi di Halaman Rumah

Holla…

Ada yang suka buah stroberi? Siapa sih yang tidak suka stroberi… biasanya anak-anak maupun dewasa suka sama buah ini. Rasanya yang manis dan segar menjadi daya tarik buah yang populer ini. Selain dalam bentuk buah, stroberi juga dikonsumsi dalam bentuk jus, selai, bahkan diolah menjadi perisa makanan. Selain untuk dimakan, stroberi juga diolah menjadi masker dan berbagai produk kecantikan lainnya.

Buah stroberi merupakan sumber vitamin C dan flavonoid. Khasiatnya dalam dunia kecantikan juga sudah banyak dibahas, sampai-sampai segala jenis skincare ada yang varian stroberinya. Stroberi yang segar dan berkualitas, biasanya dipatok dengan harga yang tinggi. Satu kotak kecil stroberi bisa dijual sekitar 30-40 ribu di supermarket Mall. Untuk para pencinta stroberi, kenapa tidak coba menanamnya sendiri?

Kebetulan lagi mudik, aku mau cerita mengenai tanaman stroberi yang ada di rumahku. Idealnya stroberi dapat ditanam di daerah dataran tinggi, suhu udara relatif dingin, kelembaban udara sekitar 80-90%, sinar matahari yang tidak terlalu kuat serta curah huja sekitar 600mm/tahun. Stroberi bisa ditanam di tanah langsung maupun dengan polybag. Di rumahku, kami menanam stroberi dengan bantuan polybag dan disusun di halaman rumah. Daerah tempat tinggalku tidak terlalu dingin, namun syukurnya stroberi ini tetap tumbuh dengan baik. Yang utama, setiap polybag stroberi harus dibuat sebaik mungkin dan diisi dengan tanah yang baik. Tanah yang baik ini dimaksudkan pada tanah yang mengandung bahan organik yang tinggi, hal ini baik untuk pertumbuhan akar yang kuat. Stroberi wajib disiram dua kali sehari. Kalau musim hujan akan lebih baik, jadi tidak perlu repot-repot untuk menyiram hehe. Untuk menyiramnya, disarankan menggunakan semprotan kebun dengan air yang stabil. Semprotan ini akan membantu menjangkau setiap polybag tanaman stroberi.

Menanam stroberi dengan polybag juga lebih efesien karena tidak memakan terlalu banyak tempat. Jika tidak ingin memenuhi halaman, mungkin bisa dibuat bertingkat.

Menanam stroberi di halaman rumah itu seru loh.. Stroberinya bisa dipetik setiap hari. Eitss.. ingat ya, cara memetiknya harus pakai gunting, agar tidak merusak sisa dahan kecilnya yang lain. Petiklah buah yang sudah benar-benar matang. Buah matang dapat dilihat dari warnanya yang sudah merah menyeluruh. Buah yang matang tentu lebih jauh lebih manis. Waah… kalian tentu bisa menikmati buah stroberi yang segar dan berkualitas setiap harinya.

Tertarik untuk menanam  stroberi sendiri di halaman rumah? Ayo dicoba, sangat mudah loh…

 

(Visited 1.089 times, 2 visits today)
45 Komentar Tambahkan milikmu
  1. Untuk hal hal yang boleh sama gak boleh dilakukan apa aja ya mbak?
    Terus tanahnya langsung ambil dari kebun terus dimasukkan ke polybag gitu boleh gak?

  2. Dulu waktu masih sekolah dasar, saya kira rasa dari buah stoberi itu manis, tak taunya sedikit asam. hehe..
    maklum pada saat itu di desa tidak ada orang yang jual buah stroberi

  3. aku itu ga suka strawberry klo nggak petik lgsg dri pohonnya mbak,, sumpah, aku ga suka strawberry dan segala macam olahannya

    eh tapi pernah suatu hari ke purwokerto metik strawberry karna ikut travel, eh nyobain, kok segerrrrr

  4. Aku juga menanam buah stroberi di depan rumah hihi senang krn tumbuhnya gampang jd bibit suka dijual2in gitu daripada penuh, enak kalau lagi tumbuh hihi

  5. Terima kasih edukasinya… Insyaallah akan saya terapkan supaya stroberi bisa tumbuh subur dan engga mati..

  6. Oh kalau metik stroberi itu pake gunting ya kak, biar gak ngerusak dahannya. Kirain kayak metik buah lain tinggal petik aja. Bisa nih kukasih tau sama bapakku, beliau lagi pengen nanam banyak tanaman di depan rumah, mumpung WFH bisa kupelajarin dan nanam stroberi bareng

  7. Jadi ingat kosan di Bandung. Ibu kos rajin tanam stroberi di depan kamarku yang di rooftop. Kata ibu kos, kalau ada yang mateng, dipanen aja. Otomatis aku ikut ngejagain si stroberinya. Sekarang boro-boro mau tanam stroberi di Batam, yang ada mati duluan pohonnya. ^^

  8. Wah ini keren banget … Saya tu kebayang punya tanaman macam-macam buah dan sayur di rumah… hu hu sayangnya ini sebatas cita-cita .. beberapa kali coba tanam selalu mati,.nggak telaten ngerwat sih saya

  9. Aku pengen banget bisa nanam strawberry di halaman atau samping rumah. Tapi kayaknya kurang cocok kalau di daerahku. Pernah coba beli bibitnya, eh, malah mati. Mungkin kurang dingin di daerah saya.

  10. Mbak,rajin banget ini menanam stroberi. Aku punya halaman di belakang rumah dan sudah digunakan untuk menanam bunga saja. Sepertinya boleh juga mencoba tanam stroberi tapi tentunya harus rajin yah perawatannya. Apalagi buah stroberi ini juga banyak khasiat untuk kecantikan dan mengandung banyak vitamin yah.

    1. dulu aku sering nanam bunga juga kak. Tapi makin kesini kayaknya nanam buah buahan lebih seru, soalnya bisa dimakan hehe.

  11. Saya suka stroberi, Mbak Mutia. dan pengin tanam sendiri di halaman rumah. hanya sayang, rumah saya termasuk udaranya panas. Tapi di beberapa wilayah di Kebumen, itu daratannya tinggi dan dingin. Cocok tana stroberi. hanya saat jalan-jalan, saya belum pernah melihat orang menanamnya.

    Seru ya, Mbak. jadi kalau mau makan stroberi, buat toping kue, dijus, tinggal metik saja hehehe.

    1. Iya nih Kak, serunya karena bisa makan sepuasnya hehehe. Faktor udara juga memengaruhi sih kak. Pas musim kemarau/panas, stroberiku kurang bagus tumbuhnya, buahnya juga kurang.

  12. Strawberry ini mudah dikembangbiakkan ya Mba…ada yg pakai sulur ada yg pakai anakan. Sempat ngerasain metik strawberry sendiri tapi ga bertahan lama, pas ditinggal pulkam eh dia layu terus mati. Sediiihh

    1. Kalau aku sih dikembangbiakan dengan anakan Kak. Jadi anaknya aku kembangin terus, makanya jadi banyak gini, awalnya cuma 5 pot aja.

  13. Wah, halamannya luas ya mbak? Kalau rumahku sempit, hampir nggak ada sisa buat nanem-nanem. Tapi akhirnya suami berinisiatif sih bikin kebun mini depan rumah buat pohon jambu dan pohon mangga… meski belum berbuah juga sampai sekarang, hehe. Tapi sepertinya kalau stroberi sih nggak kuat deh di tempatku, panas soalnya.

    1. Ini sebenarnya udah make lahan buat parkir mobil mbak hehe. Sebenarnya juga bisa disusun kalo dibikin rak kayu gitu, tapi belum sempat sampai sekarang.

  14. Saya juga suka stroberi, tapi sayangnya ditempatku Kota Pontianak, kawasan khatulistiwa yang punya daerah yang lebih panas, agak sulit buat nanam stoberi, untuk dapatin stroberi biasanya dikirim dari daerah lain dan harganya lebih mahal, hehe.

    Semoga suatu saat bisa melihat kebun stoberi di daerah mbak mutiara yaa, hehe

    1. Waah, kalau di Pontianak pasti panas ya Kak. Mungkin kalau mau berkebun bisa pilih tanaman yang cocok untuk udara di sana ya Kak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *