Flash Blogging : Menuju Indonesia Maju | bersama Kemkominfo

Holla…

Jalani hari-hari dengan sesuatu yang bermanfaat

Jumat, 27 April 2018 bertempat di Hotel Amaris, Kota Bengkulu diadakan acara Flash Blogging “Menuju Indonesia Maju” yang diadakan oleh Kementerian Kominfo. Acara ini adalah salah satu acara yang aku pengen banget ikutin. Sebenarnya, selain ingin belajar, aku juga ingin meet up sama blogger-blogger lain hehe.

Flash blogging : Menuju Indonesia Maju adalah suatu acara yang diadakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI yang mengundang para blogger-blogger Indonesia. Kegiatan Ini diadakan hampir di setiap Kota di Indonesia. Kali ini aku ngikutin acara Flash Blogging di daerah Bengkulu. Apa aja sih yang dibahas di acara Flash Blogging ini?

Materi pertama dengan judul “Sudut Istana” disampaikan oleh Bapak Andoko Darta, dari  Tim Komunikasi Presiden. Materi ini mengupas mengenai pencapaian pemerintah di bawah kepemimpinan  Presiden Jokowi saat ini. Salah satu yang bisa dilihat di Bengkulu sendiri adalah pembangunan rumah khusus nelayan di Kampung Melayu. Dalam penyampaian materi juga terdapat pesan video dari Bapak Presiden RI mengenai keinginan “Menuju Indonesia Sehat”. Salah satu concern yang diupayakan oleh Presiden Jokowi saat ini adalah kebijakan pemerataan yang berkeadilan. Sudah bukan rahasia lagi, jika harga BBM yang tidak rata di Indonesia menjadi salah satu poin yang patut diperhatikan. Peningkatan kebutuhan masyarakat terhadap bahan bakar membuat keberadaan BBM sangat penting di tengah-tengah masyarakat. Letak geografis dan akses transportasi, juga memungkinkan menjadi poin-poin penyebab perbedaan harga BBM di tiap daerah di Indonesia. Salah satu contoh di Samarinda, bahkan untuk menyuplai BBM, Tim dari Pertamina harus melewati sungai untuk suplai BBM. Harga BBM pun juga harus dipatok sekitar 45rb/liternya. Hal yang sama yang tidak jauh berbeda juga terjadi di daerah-daerah terluar lainnya.

Usaha pemerintahan saat ini berusaha untuk meratakan harga BBM, slogan “BBM satu harga” diharapkan dapat terealisasi dan mendorong terciptanya poin kebijakan pemerataan yang berkeadilan di Indonesia. Subsidi terhadap masyarakat yang lebih membutuhkan diutamakan. Mungkin hal di atas tidak akan bisa langsung terealisasi dalam waktu satu bulan, dua bulan, ingat! tidak ada yang instan. Namun, hal tersebut diharapkan bisa secara perlahan membantu dalam memperbaiki perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Indonesia secara merata di setiap daerah di Indonesia. Materi dengan Pak Andoko ini ditutup dengan suatu kalimat.

“Jangan pernah lelah mencintai Indonesia”

Materi selanjutnya mengenai Blog dengan Mbak Mira Sahid, Founder Komunitas Emak Blogger. Mbak Mira yang sudah aktif ngeblog sejak 2008 ini berbagi materi yang seru mengenai Blog. Jumlah internet user di Indonesia dari tahun ke tahun berkembang cukup pesat. Meskipun banyak para internet user yang bijak, namun jumlah internet user yang memiliki perilaku negatif juga banyak. Salah satunya adalah penyebaran HOAX. Hoax sebagai salah satu konten negatif sangat merugikan masyarakat.

“think before posting” seharusnya diterapkan oleh semua internet user.

Salah satu platform yang digunakan oleh internet user adalah blog. Terdapat ribuan blogger yang aktif di Indonesia. Blog bukan hanya suatu media untuk curhat dan menyampaikan status-status alay saja. Saat ini perkembangan blog lebih luas, bukan hanya sebagai media informasi, namun juga dapat sebagai sumber penghasilan bagi blogger. Blog sebagai salah satu media informasi online, diharapkan terus menyumbangkan ide-ide yang orisinil, memberikan informasi yang benar dan jauh dari hoax.

Menurut Mbak Mira, beberapa manfaat dari Blog:

  1. Hobi/Passion
  2. Rekam Jejak Digital
  3. Media Informasi
  4. Personal Branding
  5. Engagement
  6. Peluang

Bentuk Blog yang bagus juga berpengaruh sekali. Beberapa hal yang penting dalam bentuk blog yang bagus menurut Mbak Mira diantaranya, ramah mata, up to date, spesifik, personal, berguna, dan juga unik. Hal lain yang paling penting dalam nge-blog adalah konten. Mau posting apa? tentang apa? penting ga? kalimatnya santun ga?. Isi postingan dengan konten yang positif dan etika penulisan yang baik. Hal ini tentu akan membuat pembaca lebih senang dan memberi manfaat bagi masyarakat online lainnya.

Maraknya penggunaan media sosial, bukan cuma blog, namun Facebook, Twitter, Instagram, WhatsApp, Line, dan lain-lain di kalangan masyarakat saat ini membuat pentingnya etika dalam bermedia sosial. Selalu berpikir terlebih dulu sebelum memposting sesuatu di media sosial. Sama seperti dunia nyata, beretikalah dengan baik di dunia maya serta ciptakan hal-hal positif di dunia maya. Sebagai pembaca juga dan penerima informasi juga harus pintar dalam memilah informasi.

Ohh ya… Aku ngikutin acara ini, berkat info dari teman aku Fira. POstingan flash bloggingnya fira bisa dibaca di sini Flash Blogging Bengkulu Fira Firdaus

Sekian dulu ya… semoga informasi di atas bermanfaat 🙂

tambahan, untuk informasi lebih lanjut mengenai Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, bisa di akses di:

https://www.kominfo.go.id/

tw : @kemkominfo , @djikp

(Visited 170 times, 1 visits today)
Spread the love
2 Komentar Tambahkan milikmu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *