Pulau Merbau, Enggano – Liburan Rasa Pulau Pribadi

Holla…

Sesuai janjiku sebelumnya kali ini aku mau bahas mengenai salah satu destinasi wisata lainnya di Enggano, Bengkulu. Bagi teman-teman yang main ke Enggano, ada satu tempat yang wajib kalian kunjungi yaitu Pulau Merbau. Sebelumnya aku udah cerita gimana serunya Pulau Dua sebagai tempat wisata bahari di Enggano . Naaah… kali ini khusus Pulau Merbau, aku mau cerita keunikannya.

Pulau Merbau adalah salah satu pulau kecil yang ada di Desa Kahyapu, Kecamatan Enggano. Berbeda dengan Pulau Dua, Pulau Merbau adalah pulau yang tidak berpenghuni dan tidak lebih luas dari Pulau Dua. Jadi karena tidak ada yang tinggal disana, yaa… bisa dibayangin Pulau Merbau cuma ada pantai dan hutan kecil saja. Pantai Pulau Merbau tidak seluas Pulau Dua. Dari dermaga Kahyapu, kita bisa menaiki perahu kecil sekitar 30 menit an untuk sampai ke Pulau Merbau.

Trus, apa serunya pergi ke pulau kosong ga ada penghuni?

Naah… justru karena kosong inilah yang bikin seru.

Pernah nyobain piknik rasa pulau pribadi? di sinilah tempatnya 🙂

Aku mau cerita  pengalamanku saat main ke Pulau Merbau buat piknik seharian ama teman-teman. Dengan modal minyak 2 liter buat perahu, kami berangkat pukul 10 pagi dari Kahyapu. Sebenarnya ini lumayan telat untuk bepergian ke pulau karena ombak sudah mulai mengganas. Tapi yaa… karena modal nekat tadi hehe. Akhirnya, beneran ketemu ombak ganas, untungnya kami pakai pelampung lengkap di perahu kecil yang kami andalkan saat itu hehe. Setelah sekitar 30 menit perjalanan, akhirnya bisa sampai juga di Pulau Merbau. Jangkar perahu diturunkan, dan kami mulai memasuki air laut berjalan perlahan ke bibir pantai. Awalnya aku kaget, ini pulau apaan, ga ada apa-apa. Rumah atau dangau beratap pun ga ada. Untungnya kami kesana saat cuaca lagi cerah.

Tapi, ga seru kalo bengong doang…

Hal pertama yang kami lakukan pas nyampe adalah membuat tempat peristirahatan. Kalau kalian pernah nonton acara reality show “Law of The Jungle” kira-kira seperti itulah acara piknik kami (di rombongan kami ada anak Enggano yang jadi semacam Chief Kim Byung Man nya wkwk). Kalau main ke pulau, kami selalu membawa persiapan golok, pisau, jala/jaring, nasi, dan yang paling penting adalah sambel cabe dan kecap buat teman makan ikan. Golok dipakai untuk mengambil beberapa helai daun kelapa untuk jadi alas duduk dan alas pembakaran ikan.

Baju-baju yang basah tinggal jemur aja di ranting-ranting pohon dan kami siap meluncur ke laut menjaring ikan. Nah, ini salah satu khasnya Pulau Merbau. Ikannya gede-gede cuy! cukup menjaring di air selutut aja udah dapat puluhan ikan.  Tugasku di sini adalah tim membersihkan ikan. Ikannya dbersihkan pakai pisau yang kami bawa, cumi pakai air laut, ditusuk pakai bilah dari daun kelapa dan dibakar. Haus? bisa manjat pohon kelapa yang berjejer di tepi pantainya.

Serunya liburan kami ga lancar-lancar gitu aja. Setelah makan siang sekenyang-kenyangnya, mata mulai berat dan akhirnya aku memutuskan untuk tidur siang. Tidur siang dimana? hehe tidur siang di atas pasir aja, di bawah pohon di tepi pantainya. Selang beberapa lama, tiba-tiba aku tebangun. Dan ternyata….. ADA GEMPA. Kaget ga tuh? KAGET BANGET ASLI. Karena posisi aku yang lagi tiduran di pasir, gempanya jadi lebih terasa dibandingkan teman-teman lain yang lagi asik berenang dan snorkling atau yang lagi sibuk foto-foto. Sempat sih, pikiran kemana-mana… karena situasinya kami sedang di pulau kecil yang jauh dari Pulau Enggano. Tapi karena sudah terbiasa sama gempa dari kecil, aku berusaha untuk tidak panik.

Tips, kalau misalkan kalian sedang dihadapkan pada situasi gempa, usahakan jangan panik, apalagi teriak atau nangis, that will not help you at all guys… lebih baik tenangkan diri agar bisa mikir tenang juga, pokoknya keeping yourself safe in that kind of situation.

Tidak lengkap liburan ke Pulau Merbau, kalau tidak snorkling di sini. Batu karangnya bagus dan masih sangat terjaga. Puas-puasin buat liat hal-hal di bawah lautnya Pulau Merbau mumpung kesana.

 

 

 

 

 

 

Liburan ke Pulau Merbau memang rasanya beda dan sangat seru. Bagi teman-teman yang ada rencana ke Enggano, jangan lupa untuk bikin rencana mengunjungi pulau ini. Menikmati indahnya Samudra Hindia, di Pulau yang isinya cuma kita, makan seafood sepuasnya, dan jauh dari hiruk pikuk dunia luar sungguh menyenangkan. Oh iya, kalau di Pulau Merbau ga ada signal sama sekali ya. Jadi hp nya bisa disimpan di tas aja.

Sekian dulu cerita liburan dari Pulau Merbau, Enggano, Provinsi Bengkulu ya. Next kita lanjut lagi dengan cerita dari tempat lain. Thank you for visiting my blog 🙂

(Visited 250 times, 1 visits today)
Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *