Menanam Stroberi di Halaman Rumah

Holla…

Ada yang suka buah stroberi? Siapa sih yang tidak suka stroberi… biasanya anak-anak maupun dewasa suka sama buah ini. Rasanya yang manis dan segar menjadi daya tarik buah yang populer ini. Selain dalam bentuk buah, stroberi juga dikonsumsi dalam bentuk jus, selai, bahkan diolah menjadi perisa makanan. Selain untuk dimakan, stroberi juga diolah menjadi masker dan berbagai produk kecantikan lainnya.

Buah stroberi merupakan sumber vitamin C dan flavonoid. Khasiatnya dalam dunia kecantikan juga sudah banyak dibahas, sampai-sampai segala jenis skincare ada yang varian stroberinya. Stroberi yang segar dan berkualitas, biasanya dipatok dengan harga yang tinggi. Satu kotak kecil stroberi bisa dijual sekitar 30-40 ribu di supermarket Mall. Untuk para pencinta stroberi, kenapa tidak coba menanamnya sendiri?

Kebetulan lagi mudik, aku mau cerita mengenai tanaman stroberi yang ada di rumahku. Idealnya stroberi dapat ditanam di daerah dataran tinggi, suhu udara relatif dingin, kelembaban udara sekitar 80-90%, sinar matahari yang tidak terlalu kuat serta curah huja sekitar 600mm/tahun. Stroberi bisa ditanam di tanah langsung maupun dengan polybag. Di rumahku, kami menanam stroberi dengan bantuan polybag dan disusun di halaman rumah. Daerah tempat tinggalku tidak terlalu dingin, namun syukurnya stroberi ini tetap tumbuh dengan baik. Yang utama, setiap polybag stroberi harus dibuat sebaik mungkin dan diisi dengan tanah yang baik. Tanah yang baik ini dimaksudkan pada tanah yang mengandung bahan organik yang tinggi, hal ini baik untuk pertumbuhan akar yang kuat. Stroberi wajib disiram dua kali sehari. Kalau musim hujan akan lebih baik, jadi tidak perlu repot-repot untuk menyiram hehe. Untuk menyiramnya, disarankan menggunakan semprotan kebun dengan air yang stabil. Semprotan ini akan membantu menjangkau setiap polybag tanaman stroberi.

Menanam stroberi dengan polybag juga lebih efesien karena tidak memakan terlalu banyak tempat. Jika tidak ingin memenuhi halaman, mungkin bisa dibuat bertingkat.

Menanam stroberi di halaman rumah itu seru loh.. Stroberinya bisa dipetik setiap hari. Eitss.. ingat ya, cara memetiknya harus pakai gunting, agar tidak merusak sisa dahan kecilnya yang lain. Petiklah buah yang sudah benar-benar matang. Buah matang dapat dilihat dari warnanya yang sudah merah menyeluruh. Buah yang matang tentu lebih jauh lebih manis. Waah… kalian tentu bisa menikmati buah stroberi yang segar dan berkualitas setiap harinya.

Tertarik untuk menanam  stroberi sendiri di halaman rumah? Ayo dicoba, sangat mudah loh…

 

(Visited 138 times, 1 visits today)
Spread the love
Satu Komentar Tambahkan milikmu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *