(Health Info) Mari Kenali Hipertensi dan Pencegahannya dari Dini

Holla…

Masih seputar kesehatan, kali ini kita akan membahas mengenai hipertensi atau yang lebih sering disebut dengan tekanan darah tinggi. Hipertensi merupakan salah satu penyakit yang umum dijumpai. Kasus hipertensi banyak terjadi di Indonesia. Menurut Riset Kesehatan Dasar 2013, angka kejadian hipertensi di Indonesia sebesar 26,5%.

Hipertensi sendiri adalah suatu kondisi dimana pembuluh darah terus menerus meningkatkan tekanannya. Darah dibawa dari jantung ke seluruh bagian tubuh melalui pembuluh darah. Setiap kali jantung berdetak, ia memompa darah ke dalam pembuluh darah. Tekanan darah diciptakan oleh kekuatan dorongan terhadap dinding pembuluh darah (arteri) tersebut. Semakin tinggi tekanan semakin sulit jantung memompa.

 

 

JNC 7 mengklasifikasikan hipertensi menjadi beberapa derajat,

 

 

 

 

 

Jangan berpikir kalau hipertensi hanya terjadi pada orang yang sudah berumur aja ya. Mulai dari muda, kita sudah harus aware sama kesehatan tubuh kita, salah satunya dengan cara mengenali hipertensi dan tentunya pola hidup sehat. Jangan tunggu sakit dulu, baru sadar.

Menjalani pola hidup sehat telah banyak terbukti dapat menurunkan tekanan darah, dan secara umum sangat menguntungkan dalam menurunkan risiko permasalahan kardiovaskular. Diantaranya,

  1. Menjaga berat badan
  2. Pola makan sehat
  3. Olahraga teratur
  4. Mengurangi konsumsi alkohol
  5. Berhenti merokok
  6. Kurangi stress

Tips untuk menguragi stress, cobalah untuk berolahraga, mendengarkan musik, berfokus pada suatu yang tenang dan damai, dan bermeditasi.

Tidak ada salahnya untuk melakukan tindakan preventif terhadap hipertensi, apalagi jika kamu masih muda. Jika sudah memiliki tekanan darah tinggi, penting untuk selalu mengotrolnya agar tidak terjadi perburukan dan komplikasi. Jangan lupa juga untuk mengunjungi dokter anda secara rutin.

Sekian dulu pembahasan mengenai hipertensinya, semoga bermanfaat yaa…

Baca juga:

Kenali Stroke dan Pencegahannya dari Dini

Kenali Gejala dan Ciri-Ciri Kanker Payudara

Sumber : 

  • http://www.who.int
  • https://medlineplus.gov/howtopreventhighbloodpressure.html
  • Sherwood, Lauralee (2011) Fisiologi Manusia. 6 ed. Jakarta: EGC
  • Bell, K., Twiggs, J. dan Olin, B. R. (2015) “Hypertension : The Silent Killer : Updated JNC-8 Guideline Recommendations,” Alabama Pharmacy Association

 

Terima kasih sudah berkunjung, jangan lupa baca postingan lain di blog ini ya

 

(Visited 414 times, 1 visits today)
Spread the love
6 Komentar Tambahkan milikmu
    1. jika sudah hipertensi, maka yang bisa dilakukan adalah mengontrol tekanan darahnya. Selalu kontrol rutin ke dokter dan jaga pola hidup sehat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *