Ubah 5 Perilaku Kurang Baik Berikut! Hal – Hal Kecil yang Mengganggu Orang lain.

Holla…

Setiap orang tentu ingin orang lain bersikap baik terhadap dirinya. Tapi apakah sendirinya udah bersikap baik sama orang lain?.

Tidak harus hal yang besar, tapi dimulai dari hal kecil dan sederhana. Yuk intip 5 Perilaku yang bisa diubah agar tidak mengganggu orang lain.

1. Mengirim Chat tanpa ucapan salam, bahkan spam “p”.

Sering banget nih ditemui yang ngirim “p” lewat chat tanpa salam dulu. Ini merupakan suatu sikap yang tidak sopan. Lebih baik ucapkan salam seperti “Selamat pagi“, “Selamat malam“, “Assalamualaikum” dan ucapan salam lainnya yang sopan dibandingkan “p” itu ya guys.

Berkomunikasi di media sosial juga sama aturannya dengan komunikasi langsung. Menjaga etika dan kesopanan itu penting.

2. Minta oleh-oleh setiap teman pergi keluar kota.

Hal yang perlu dihindari saat teman atau kenalan kamu akan berpergian ke luar kota. Jangan sering-sering minta oleh-oleh ya guys. Hal ini bukannya bikin teman yang akan melakukan perjalanan menjadi semakin senang, malah nambah beban. Well, dia udah harus ngeluarin banyak biaya untuk perjalanannya, ditambah lagi dengan titipan oleh-olehmu. Jika temanmu memang berniat memberikan oleh-oleh, maka ia akan berikan. Tapi jangan dituntut juga ya. Kasian…Β Hal ini berbeda konteksnya, jika kamu sistem jastip alias jasa titip. Ya kalo itu sih tidak merugikan, tapi sama-sama untung ya hehe.

3. Makan di atas kasur.

Ini adalah hal yang aku benci sebenarnya. (Terkesan lebih ke curhat ya).

Makan di atas kasur itu salah satu hal tidak baik. Idealnya kasur adalah tempat tidur dan harus harus bersih. Jika ada orang yang makan di atasnya, berkemungkinan akan menyebabkan remahan makanan akan tersebar dan akan mengundang semut ke kasur. Banyangin kalau kamu atau yang punya kasur tidur di kasur yang kotor dan ada semutnya, bisa bahaya kalau ada semut yang masuk ke hidung atau telinga.

Jadi kalau main ke kos atau rumah teman/sahabat kamu, perhatikan ya hal ini.

4. Meminjam barang dan sering lupa mengembalikan.

Hal yang sering menjengkelkan nih. Pasti kamu bakal bete banget kalau temanmu sering meminjam barangmu, tapi tidak dikembalikan tepat waktu. Atau dikembalikan, tapi barangnya rusak. Atau mungkin dikasus lain, uang kita dipinjam tapi tidak dikembalikan. Malah kitanya yang nagih, duuh udah kayak rentenir nih. Males banget!

Ini sifat yang tidak baik guys, yang tentu saja akan mengganggu orang lain.Β  Hindari sifat ini ya. Yuk jadi orang yang lebih amanah lagi.

5. Sering menginterupsi lawan bicara.

Satu lagi hal yang dapat mengganggu orang lain nih. Saat sedang bicara, janganlah sering menginterupsi alias memotong pembicaraan lawan bicara kamu. Belajarlah untuk menjadi pendengar yang baik. Jika memang perlu untuk menginterupsi, maka ada etikanya. Pertama, meminta izin terlebih dahulu. Minta izinnya boleh secara eksplisit dan berusaha sebaik mungkin agar lawan bicara tidak tersinggung. Kedua, interupsilah dengan sopan. Dan ketiga, ada alasan yang jelas untuk menginterupsi. Jadi ga asal-asal interupsi aja ya. Nanti lawan bicara kamu bisa bete tuh.

Terkait artikel Komunikasi efektif, bisa baca juga: Rumus Komunikasi yang Baik ala Oh Su Hyang

 

Naah, dari 5 hal di atas, apakah kamu pernah melakukannya? atau kamu pernah berpengalaman diperlakukan kurang baik oleh orang lain?.

Yuk diskusi di kolom komentar. Aku tunggu ya!

 

Semoga informasi di atas bermanfaat!

35 Komentar Tambahkan milikmu
  1. Paling sebel aku klo ada yang chat awalnya P
    Ya ampun guru meraka sekarang kealayan medsos
    miris aku liatnya, beda sama jaman dulu, tata krama itu lebih diutamakan dimana2.

  2. Nomor 4 sering banget ngalami, apalagi kalau yang pinjem buku suka lupa ngembaliin. Ya lama-lama yang minjemin juga jadi males mintanya. Semoga daku dijauhkan dari hal-hal mengganggu di atas

  3. Alhamdulillah ke-5 hal tersebut udah nggak pernah saya lakuin lagi.
    Memang sederhana ya, tp nyadar sendiri krn hal2 yg ditulis mbak itu menjadil hal yg gak saya suka.
    Kalau saya aja gak suka, gimana org lain? Jadinya sekarang berubah.

  4. Kalau menurutku sih dari kelimanya kalau ketemu di orang, aku masih bisa toleransi. Yang suka membuatku terganggu itu sifat orang yang suka membatalkan janji temu. Apalagi kalau membatalkannya dibawah sejam sebelum ketemuan.

  5. memang kesemuanya itu mengganggu kita ya..dan ini hanya opini sih mba, karena aku dulu pernah ngekos yg mana kamarnya itu sempit dan mau gamau ya dimana lagi kalo bukan di kasur, tapi itu kamar kosan sekitar tahun 2013 an jadi ya belum gede kayak sekarang2 ini deh. Jadi liat sikonnya juga sih, kalo ga ada tempat lagi buat dia makan, kalo dulu aku pakai taplak gitu, jadi minim remahan makanan berceceran

  6. Asli aku paling gasuka dengan orang yang ngechat itu tanpa ngucapin salam, maen pake ‘P’ doang. Walaupun itu orang udah deket sama aku, tetep aja rasanya agak gimana gitu. Seharusnya ucapin salam kek, atau minimal bilang selamat pagi, siang, atau malam.

    Dan juga, buat kamu yang lelaki harus hati-hati. Kalau masih suka ngelakuin hal di nomor 3,4, dan 5 itu bisa membuat kamu menjadi gak ganteng lagi. Serius!

  7. Wkwkwk….pengalaman aku banget. Paling benci kalau habis pergi-pergi terus teman di kantor nanyain oleh-oleh. Rasanya pengen nimpuk aja gitu. Kenapa nggak nanyain apakah aku sehat dan lancar selama perjalanan. Karena keseringan dan aku sering kesal jadi aku pakai kutipan hadist yang mana mengingatkan agar tidak meminta atau memberatkan kawan dengan sesuatu permintaan alias oleh-oleh. Lupa bunyinya gimana yang jelas itu hadistnya shahih. Alhamdulillah sejak itu permintaan oleh-oleh mereda. πŸ˜…

  8. Dari list di atas yang paling nggak aku sukai adalah WA TAPI NGGAK NGUCAP SALAM ATAU NANYA ATAU APALAH hahahahah. Tuh kan jadi emosi. Rasanya nggak sopan aja gitu, apalagi kalau orang asing. Benar2 mengganggu.

  9. saya juga gak ngerti kenapa ya orang suka chat dengan P daripada beri salam.
    weleeeehh, padahal beri salam jauh lebih baik ya.
    yang interupsi juga paling sebel itu, anakku dari kecil kuajari kalau orang ngomong dan mereka juga mau ngomong tunggu sampe hening baru mulai buka pembicaraan, kalau gak dibilang dari sekarang nanti keterusan.

  10. Aaa ya ampun nomer limaa tuh bete banget beleum selesai malah udah dibales dengan cerita yang lain jadi males atau topik lain hihi. Kalau lagi gak mood jadi bicaranya sama orang yang bener2 perhatian aja ke hal seperti ini. Kalau aku selain makan d kasur yg bikin bete lainnya adalah jari tangan nempel ke layar laptop buat nunjuk. No banget! xD

  11. Iya iya, benar. saya setuju dengan semua yang ada di tulisan ini.
    bagian makan di atas kasur itu juga, salah satu aturan yang saya tegakkan di rumah ke anak-anak.
    ya selain mengundang semut untuk datang, saya juga capek beresin remahannya. hehehe.

  12. Saya pernah menerima chat yang hanya berisi “p” itu beberapa kali tapi biasanya pasti tidak direspon sama sekali hingga si pengirim sadar. Memang tampak sederhana menurut orang lain tapi jika mengganggu orang lain yah mending diperbaiki perilaku begitu kan.

  13. Bener tuh bagian pesan yang diawali P. Apaan sih? Zaman PING dari blackberry udah lewat keles. Gak ada sopannya. Apalagi sekarang tuh aku sering di japri siswaku. Masih banyak yang spam P gak jelas. Udah diingetin kadang diulang lagi. Lah kok aku jadi numpang curcol 😝. Misi mba aku pulang….

  14. noted deh yang diatas. kalau mau ditambahin, suka bohong dan ngga setia. kawan mana yang nggak sedih kalau orang yang dipercaya berdusta, lalu tiba-tiba sudah haha hihi dengan gank lain haha… kesel nggak tuh. saya juga kurang suka kalau tetiba ada chat masuk hanya P.. P.. P.. idih kita kan bukan orang partai, haha

  15. Wah setuju banget mbak, saya sudah menghilangkan kebiasaan nitip oleh2 jadi jastip. Setiap pesan sesuatu maka ada jastip nya. Kebiasaan nitip oleh2 ini tidak baik karena orang yang jalan2 juga punya keterbatasan.

  16. ohhh Tuhan…. nomor 2 sungguh menggambarkan penderitaanku banget. Selalu dimintai oleh oleh itu menyebalkan banget. sebagai backpacker dengan budget terbatas itu pemborosan dan makan tempat. Apalagi yang minta oleh oleh spesifikk… hellowww aku bukan jastip hahahaha

    Duhhhh seneng banget ngebaca ini. jeritan hati banget

  17. setuju mba sama kelima itu πŸ˜€ eh sampai sekarang saya gak mengerti maksudnya kirim pesan WA hanya tulisan P itu apa hehe, biasanya sih saya diemin aja gak dibales πŸ˜€

  18. Pernah kok chat ke temen sendiri awalnya P lambat lauk sih berubah. Jadi langsung ke poin pokok atau salam. Soalnya nggak enak juga sih kalau di chat awalannya P aja.
    Walau P itu rujukan nya ke Ping saat jamannya blekberi.
    Poin poin di atas pernah aku lakukan dan juga ernah mengalami dari perlakuan orang lain,
    Paling tidak bisa jadi introspeksi diri sendiri juga. πŸ˜„ Soalnya lambat laun jika sadar nggak baik tentu ga akan dilakukan lagi

    Posting nya inspiring bet mbak
    TFS yahh πŸ˜‡πŸ˜πŸ˜πŸ˜πŸ˜πŸŒ»

  19. Yang nomor 1 gak pernah saya lakukan, meski beberapa kali muncul di history chat-ku. Dan, sampai sekarang saya gak ngerti apa sih arti P itu? Emang, artinya apa, mba?

  20. lima poin itu seringkali tidak disadari sama pelakunya. Padahal bisa bikin orang tak suka bahkan jengkel.
    Khusus yang nomor 5, bukan hanya interupsi, namun memalingkan muka ke handphone saat sedang diajak bicara juga bikin bete lho.. kaya kita ga penting gitu. hiks hiks

  21. Poin pertama itu maksudnya apa ya aku ga paham haha. Anak millenial kali ya gampangin komunikasi. Padahal awal sapaan itu penting banget, apalagi buat prospek kerja sama misalnya. Poin 3 pernah sih minta tapi sekarang anti, doain aja. Kalau dikasih ya alhamdulillaah, ga ya berarti ga rezeki. Kalau yang lain kayaknya enggak pernah atau udah enggak lagi semoga…

  22. Nah bener banget, paling bete itu kalau dapet chat isinya P doang atau ping ping.. Duh yaa bikin males baca. Bahkan sering juga enggak aku bales dan aku diamkan aja. Saking udah kesalnya aku, hahaha. Tapi, kalau dia mencoba esok harinya, dengan cara yang baik, langsung aku balas chatnya. Kan males yaa kak kalau baca gitu. Penasaran enggak, kesel iya

  23. Nah aku awalnya gak ngerti loh yang dilakukan remaja-remaja di chatnya kok banyak huruf P, itu mungkin seperti ping ya. Ada juga yang menganggu tanpa basa basi tapi minta like atau komen postingan πŸ™‚ Kalau kurang dekat kok rasanya menganggu apalagi kalau sering, atau setidaknya pernah mengobrol gitu. Eh tapi ini relatif ya kalau dilakukan dengan sopan gak masalah sih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.