Investasi Pendanaan Aman di Era Digital Bersama Akseleran

Holla…

Tahun 2020 belum genap berjalan 3 bulan, namun sudah terasa lama sekali ya?

Banyak peristiwa yang telah kita lewati di tahun kabisat ini. Ada peristiwa senang dan ada peristiwa sedih. Peristiwa Infeksi Virus Corona saat ini menjadi perhatian dunia, termasuk Indonesia. Sejak dimulainya isu ini hingga saat ini banyak dampak yang kita rasakan.

Salah satunya adalah dampak perekonomian yang secara langsung maupun tidak langsung akan dirasakan oleh semua orang. Termasuk aku.

Baca juga: Virus Corona Masih Eksis, Dampak ke Ekonomi Indonesia?

Beberapa waktu belakangan ini aku mulai membaca dan mempelajari mengenai beberapa hal terkait investasi aman. Sebagai seorang mahasiswa, aku juga punya tabungan dan ingin menginvestasikannya secara aman.

Di zaman digital ini, banyak kemudahan yang bisa kita lakukan dalam berinvestasi, namun perlu hati- hati dalam memilih investasi aman. Sampailah aku menemukan salah satu layanan teknologi keuangan (financial technology atau fintech) yang berbasis Peer to Peer (P2P) Lending Indonesia, Akseleran.

Sebelum mendownloadnya di Google Play Store, aku terlebih dahulu melihat-lihat mengenai latar belakang dari aplikasi keuangan yang menarik ini. Tetap berhati-hati dan jeli dalam membaca merupakan prinsipku. Jadi aku ubek-ubek semua info tentang Akseleran ini.

PT. Akseleran Keuangan Inklusif Indonesia merupakan perusahaan rintisan (startup) layanan teknologi keuangan (fintech) berbasis Peer to Peer (P2P) Lending yang sudah beroperasional sejak 2 Oktober 2017. Akseleran ini merupakan salah satu platform marketplace yang memiliki fungsi sebagai wadah pinjam-meminjam dana. Di sini akan dipertemukan antara pemilik dana dan calon peminjam dana. Pertemuannya secara online ya, bukan ketemu langsung gitu. Lewat akseleran inilah transaksi pinjam-meminjam akan terjadi.

Mungkin beberapa masih ada yang bingung, prosesnya gimana? Aman ga?

Akseleran sudah resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Akseleran ini juga menjanjikan keamanaan data terhadap pemberi pinjaman (lender) dan peminjam (borrower) dalam proses transaksinya nanti. Selain itu Akseleran sudah tersertifikasi oleh ISO27001 full scope dan dalam operasionalnya sangat menitikberatkan terhadap perlindungan kepada konsumen. Di Akseleran, berinvestasi itu aman dengan tingkat risiko yang terukur karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan dan ada proteksi asuransi kreditnya.

Akseleran dapat diakses lewat website resminya di www.akseleran.co.id dan lewat aplikasi mobile Akseleran yang dapat diunduh di Google Play Store (Android) ataupun Apple App Store (iOS).

Menurutku lebih efisien menggunakan mobile app sih. Daftar akunnya tidak terlalu ribet. Tapi harus tetap teliti, baca terms and condition secara jeli. Setelah paham, baru lanjut lengkapi data diri sesuai dengan petunjuk.

Buat kamu yang baru daftar, kamu bisa pake kode referral AKSLMUTIARA329778 untuk mendapatkan dana awal gratis sebesar Rp 100.000 yang nanti bisa kamu gunakan untuk transaksi di Akseleran. Jangan lupa ya! Rugi kalau lewatin ini hehehe.

Setelah mendapatkan verifikasi, kamu baru bisa melakukan transaksi. Naah, aku sendiri mendaftarkan diri sebagai lender atau pemberi pinjaman. Dengan investasi pendanaan awal Rp 100 ribu, aku sudah sudah bisa memberi pinjaman. Untuk mendapatkan keuntungan lebih besar, tentunya bisa memberikan pinjaman lebih banyak. Tentunya terjamin dan aman. Di Akseleran ini, para lender dapat mengembangkan dananya mulai dari Rp 100.000 dengan rata-rata keuntungan didapatkan mencapai hingga 21% per tahunnya. Lumayan banget ya. Untuk borrower juga memiliki potensi untuk memperoleh pinjaman usaha mulai dari Rp 75 juta atau Rp 200 juta jika di luar wilayah Jabodetabek dan maksimal pinjaman sebesar Rp 2 miliar. Tentu dengan detail syarat dan ketentuan yang berlaku.

Pada aplikasi Akseleran ini, kita bisa melihat list berbagai macam pinjaman pada halaman utama. Berbagai jenis pinjaman ini bisa kita pilih sendiri, sehingga setiap pemberi pinjaman (lender) dapat bebas menentukan mau memberikan pinjamannya di kampanye pinjaman yang mana sepanjang belum terkumpul dananya 100%. Setiap list pinjaman akan ditampilkan dengan review lengkap, mulai dari jumlah pinjaman, tenor, bunga efektif, frekuensi angsuran pokok, agunan, serta penjelasan mengenai detail pinjaman. Naah, kamu bisa pilih pinjaman mana yang cocok dan ingin berikan pinjaman di sana.

Tawaran layanan seperti Akseleran ini sangat menjanjikan untuk kamu yang bingung uangnya mau diapakan. Ya seperti aku, mulai dari kecil-kecil dulu. Lama-lama bisa jadi besar juga kan?

Namun selalu aku ingatkan, berlaku bijak dan jeli penting ya. Selain memastikan kamu sudah menghitung pemasukan dan pengeluaran secara detail. Kamu juga harus sudah memahami risikonya. Baru setelah itu membuat perencanaan untuk mengembangkan dana yang kamu punya. Berlaku bijak, serta hati-hati dalam memilih tempat investasi pendanaan yang aman!

(Visited 127 times, 1 visits today)
44 Komentar Tambahkan milikmu
  1. Keren banget nih akseleran. Bagi yang masih muda dan punya rasa penasaran yang tinggi kayak saya rasanya nggak ada salahnya ya buat nyoba belajar investasi, asal bijak saja dalam mengambil keputusan. Thank you kak. infonya.. πŸ™‚

  2. Dana cadangan itu penting ya, makanya sejak dulu sebenarnya udah ada nasihat-nasihat tentang pentingnya menabung dan menyiapkan dana cadangan. Mendapatkan dana cadangan juga bisa melalui investasi pendanaan semacam ini. Intinya sih tetap berjaga-jaga, jadi kalau kejadian seperti pandemi corona saat ini di mana kita mengalami penurunan pemasukan, kita jauh lebih siap berkat sudah memiliki dana cadangan

  3. Sekarang semakin banyak ya aplikasi pinjaman online berbasis P2P kaya gini. Bener banget harus dicek dulu apakah sudah diawasi OJK atau belum, karena kalau nggak bisa berabe. Semoga aman dan berkah ya investasinya mbak.

  4. Perkembangan jaman emang semakin maju, dunia investasi juga mengalami evolusi kearah yang lebih simpel. Setiap orang emang harus mikir berinvestasi nih buat generasi selanjutnya juga. ye kan..

  5. Kalau resmi dan sudah berada dalam pengawasan OJK begini, jadi tenang mau berinvestasi juga ya. Masyarakat tidak akan dikhawatirkan lagi dengan investasi bodong yang hanya mengeruk dana mereka tanpa pengembalian yang jelas.

  6. Investasi dan rasa aman, merupakan kombinasi kunci untuk kesuksesan di masa akan datang. Orang-orang di lingkar dekat aku sudah lumayan cukup rezeki uangnya, tetapi mereka banyak yang ragu untuk berinvestasi. hadirnya akseleran sedikit banyak membantu orang-orang seperti kami untuk berinvestasi dengan tenang.

  7. Aku masih blm begitu paham sih tentang startup ini, Tapi penjelasan diatas bikin aku jadi ada pencerahan .Investasi memang penting, tapi emang tergantung kita juga. Klo awam kayak aku aku belum berani hehe

  8. Paling takut kalau investasi terus engga aman, lalu uang kita hilang. No…no…no…
    Mau coba deh Akseleran. Bisa mulai dari 100ribu dulu. Jadi menyisihkan dari penghasilan lebih enteng, engga kepikiran…

  9. Saya malah baru tahu ada yang namanya Akseleran. Tapi belum ada minat buat buka investasi untuk sekarang. Masih memperhatikan dulu apakah skema terjamin atau gak.

  10. Belum berani investasi lain selain emas, eh itu bukan invest dink. Selain ga punya nyali aku juga ga punya penghasilan, wkwkwk. Mungkin harus belajar mendalam dulu kali ya baru boleh diizinkan suami nyoba invest2

  11. Zaman sekarang kalau mau cari investasi pendanaan cukup mudah ya kak, tapi yang terpenting Akseleran sudah resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) biar nggak ada was-was karena udah diawasi yang bersangkutan kan, bagus ini.

  12. Aku udah nyoba investasi di akseleran ini, memang gampang banget, apalagi aplikasinya ada di ponsel pintar, makin gampang. Proses pendaftarannya pun gak susah kok. Apalagi ada kode promo bisa dapat saldo awal gratis, mayan

  13. Zaman now, banyak sekali penawaran investasi ya, Mbak Mutia. Dan ini bagus, dana yang kita investasinya, digunakan untuk pinjaman bagi yang membutuhkan. Dan pas saya mampir ke web-nya, keren beragam UKM sudah banyak yang terbantukan.

  14. Corona memang membawa banyak perubahan dalam kehidupan bangsa ini, semoga meskipun masih ada dimana-mana.. Investasi tetep jalan terus ya.. kan gak perlu keluar rumah hehe.. Salam kenal mbak πŸ™‚

  15. Selalu pastikan duit yang buat investasi ini bukan buat duit harian ya. Kadang dengan iming2 yield tinggi, kita terlena investasi berlebih. Pas anjlok, malah panik. Salahin perusahaan. Semoga makin banyak produk investasi seperti ini. Tentunya yang legal dan dijamin OJK ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *