Mengenal Inisiasi Menyusui Dini (IMD) dan Cara Menyusui yang Benar

Holla…

Selamat bulan Oktober semua, kali ini aku mau berbagi informasi kesehatan terkait IMD dan cara menyusui yang benar nih.

Mau tau informasi selengkapnya? Yuk simak…

Inisiasi menyusui dini (IMD) merupakan proses alami mengembalikan bayi untuk menyusu yaitu dengan memberikan kesempatan pada bayi untuk mencari dan menghisap ASI ibu dengan sendirinya dalam satu jam pertama pada awal kehidupannya.

IMD sendiri merupakan faktor yang terpenting sebagai penentu keberhasilan ASI eksklusif karena dengan IMD, produksi ASI akan terstimulasi sejak dini.

Edukasi orangtua, dukungan dari pasangan dan keluarga merupakan faktor penentu utama dalam pengambilan keputusan ibu untuk menyusui.

 

Apa sih manfaat IMD itu?

1. Memudahkan memberikan ASI dan bayi mendapatkan kolostrum yang bermanfaat untuk memberikan kekebalan tubuh.

2. Membuat bayi hangat dengan berada di kulit ke kulit dengan ibu. Melatih penciuman dengan cara bayi mencari puting ibu melalui bau.

3. Membuat pernapasan tenang, detak jantung stabil, bayi jarang rewel.

4. Pengisapan bayi pada payudara merangsang pelepasan hormon oksitosin sehingga membantu kontraksi uterus, membantu mengeluarkan plasenta, dan membantu mengendalikan perdarahan pada ibu.

 

Bagaimana Pelaksanaan IMD?

1. Saat bayi lahir, dikeringkan dengan handuk.

2. Bayi ditengkurapkan di perut ibu dengan kulit bayi melekat pada kulit ibu.

3. Ibu menyentuh bayi untuk merangsang bayi mendekati puting.

4. Biarkan bayi mencari puting sendiri.

5. Biarkan kulit bayi bersentuhan dengan kulit ibu selama minimal satu jam atau sampai proses menyusu awal selesai.

6. Bila dalam satu jam menyusu awal belum terjadi, dekatkan bayi ke puting tetapi jangan memasukkan puting ke mulut bayi dan memberikan waktu 30 menit atau satu jam lagi untuk bayi mendekati puting.

 

Naah, lalu bagaimana langkah-langkah menyusui yang benar?

1. Cuci tangan yang bersih dengan sabun, perah sedikit ASI dan oleskan disekitar puting, duduk dan berbaring dengan santai.

2. Dekatkan bayi menghadap ke ibu dan sanggah seluruh tubuh bayi, kepala dan tubuh bayi lurus, hadapkan bayi ke dada ibu sehingga hidung bayi berhadapan dengan puting susu, bibir bayi menyentuh puting susu ibu dan menunggu sampai mulut bayi terbuka lebar.

3. Cara melekatkan mulut bayi dengan benar yaitu dagu menempel pada payudara ibu, mulut bayi terbuka lebar dan bibir bawah bayi membuka lebar. Perhatikan saat menyusui bayi, jangan sampai menutup hidung sehingga bayi kesulitan bernapas.

 

Well, sekian dulu ya. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat 🙂

24 Komentar Tambahkan milikmu
  1. Saat anak saya lahir, salah satu mimpi saya Juga bisa kasih IMD. Sayangnya saya harus caesar jadi IMD hanya angan angan saja. Untungnya saya masih bisa mengasihi mulai H+3 sampai sekarang 🙂

  2. Jadi ingat dulu waktu anakku Audi baru lahir. Namanya ibu baru ya, bingung juga cara menyusui yang benar bagaimana. Perawat yang ada di rumah sakit ngasih tau caranya juga dulu itu ya gitu dong, dikiranya semua ibu bisa secara alami dan otomatis tahu cara menyusui. Andai dulu sudah ada tulisan ini, aku tak perlu bingung lagi.

  3. Inisiasi menyusui ini juga bisa mempererat hubungan antara bayi dan ibu lho. Pokoknya banyak banget melakukan IMD pada satu jam pertama kehidupan si bayi

  4. IMD dan pelekatan puting saat menyusui ini snagat penting diketahui olah para ibu terutama yang baru pertama kali menyusui…saya dulu smapai harus ke klinik laktasi demi mencari tau posisi yang benar dan cara merangsang ASI supaya mau keluar

  5. Simpan dulu ah. Untuk dibaca lagi nanti pas udah punya baby. aw aw aw. Ternyata cara menyusui juga ada rules nya. Ah, baru tau aku tuh. Kupikir ya natural aja gak pake aturan

  6. informasinya berguna banget nih ke depannya. kalau aku udah punya anak, bisa manfaatkan informasi yang sista berikan. ASI itu sangat penting bagi pertumbuhan bayi

  7. Cara menyusui yg benar kayak gini yg harus banyak dipelajari ibu muda zaman now ya mbak. Kadang karena keasyikan menyusui, ibu suka lupa bahwa hidung bayi tertutup payudara, jadi si bayi gak bisa napas 🙁

  8. Bisa merasakan IMD itu luar biasa banget, bonding pertama antara Ibu dan Anak. Tiap anak pun berbeda, ada yg cepat bisa bertemu puting Ibu ada pula yg butuh beberapa saat hingga bertemu. Ahh, MasyaAllah, indah banget masa itu.

    1. Nanti pas di ruangan, pas ibunya udah sadar. (ini kalau bius umum ya Fir). Tapi kalau teknik regional sih bisa aja IMD, kan ibunya sadar.

  9. wah ternyata kalau lahir itu ada proses dulu ya kak nggak langsung didekatkan ke puting ibu. he eh yap betul kolostrum ini sangaaaaat bagus untuk bayi yang baru lahir. thank you artikelnya :3

  10. informasi yang sangat bermanfaat nih kak, semoga besok saya bisa menerapkan ilmunya ya. biar ga asal menyusui karena memang ada langkah-langkahnya yang baik dan benar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.