5 Upaya Positif dalam Mengobati Patah Hati

Holla…

Kali ini aku mau membahas mengenai salah satu peristiwa yang sering terjadi di sekitar kita, atau mungkin kita sendiri yang mengalaminya. Patah hati akibat putus cinta, siapa yang pernah mengalaminya?. Namun bagaimana caramu mengobati patah hati?.

Banyak cara untuk mengobati patah hati, tapi tak semuanya merupakan hal positif. terkadang banyak orang berusaha mengobati patah hatinya dengan cara negatif.

“Hei! Move on dong!”

“Udah… lupain aja, cari yang baru”

Banyak orang menyemangati temannya yang sedang patah hati dengan kalimat serupa, tapi apakah itu benar-benar semudah itu?.

Patah hati mungkin salah satu hal yang lumayan umum terjadi dalam kehidupan cinta seseorang. Tak semuanya kisah cinta berakhir indah, layaknya cerita di negeri dongeng. Saat jatuh cinta, tentu seseorang menaruh harapan terhadap orang yang dicintainya. Saat menjalin hubungan, tentu seseorang akan berharap suatu akhir yang bahagia pula. Tetapi masih ada satu kemungkinan lain, yaitu putus cinta. Patah hati memang menyakitkan, dan tak mudah untuk mengobatinya.

Semakin dalam cintamu, maka akan semakin dalam pula sakitnya jika kamu patah hati.

Dalam mengobati dan menyembuhkan patah hati, ada satu kunci utama. Ya, dirimu sendiri.

Berikut hal-hal yang dapat kamu lakukan dalam upaya mengobati patah hati:

1. Menerima Keadaan

Hal yang paling utama  adalah kamu harus menerima keadaan. Jangan membohongi diri sendiri dan terus jujur menerima fakta bahwa dia sudah tak lagi bersamamu.

Banyak orang yang sulit menerima fakta bahwa hubungannya berakhir, malah hal inilah yang akan membuatmu semakin patah hati. Semakin kamu membohongi diri sendiri dan tidak menerima keadaan, maka kamu akan semakin terpuruk.

Jangan memaksakan si dia untuk terus tinggal, sementara hatinya sudah tidak lagi bersamamu. Hal ini malah akan mengarah pada suatu hubungan yang tidak sehat.

So, let’s be real. Saatnya untuk menerima keadaan!

2. Cari tempat untuk bercerita, jangan pendam kesedihanmu sendiri!

Setelah mengalami patah hati, seseorang perlu tempat untuk bercerita dan mencurahkan segala kesedihannya. Memendam kesedihan sendiri bukanlah solusi, malah dapat berdampak buruk terhadap psikis. Seseorang dengan emosional yang tidak stabil sebaiknya mencari teman curhat agar tak melakukan hal-hal buruk. Kamu dapat bercerita, mengeluarkan uneg-unegmu, bahkan menangis, sehingga kamu dapat menjadi sedikit lebih lega.

Mendekatkan diri pada Tuhan, berdoa dan bercerita kepadaNya juga dapat dilakukan untuk mengurangi kesedihan hati. Melakukan kegiatan-kegiatan kerohanian juga dapat membuat hati terasa semakin damai dan membantu dalam proses penyembuhan patah hati.

3. Berhenti ‘stalking’ mantan!

Saat dia pergi, maka biarkanlah dia pergi.

Sebaiknya hentikan sifat kepo terhadap mantan. Let him go.

Memutus kontak hingga kamu benar-benar sudah dapat menyembuhkan patah hati adalah hal wajar. Blokir kontak mantan, bukanlah hal kekanak-kanakan. Namun hal ini merupakan salah satu cara upaya dalam mengobati patah hati. Jauhkan dirimu dari kabar tentang mantan, sahabatnya, ataupun lingkungannya. Menjalani kehidupan di bawah bayang-bayang masa lalu bukanlah hal yang bagus untuk menyembuhkan patah hati.

Unfollow/mute instagram, twitter, facebook dan media sosial lain terkait dengan mantan adalah salah satu upaya mengobati patah hati. Menjauhi media sosial untuk sejenak juga dapat membuat kamu lebih baik. Hal yang rawan dilakukan orang yang baru putus cinta adalah mencari-cari perhatian lewat media sosial.

Well, stop making any stories or post about your heartbreak!  that’s not cool at all, guys.

Jangan terlalu mengumbar ‘betapa terpuruknya kamu akibat putus cinta’ atau ‘berpura-pura kuat pasca putus cinta’ hanya untuk menarik perhatian mantan. Hal ini hanya akan menyakiti dirimu sendiri.

4. Sibukkan dirimu dengan kegiatan positif

Banyak hal positif yang dapat kamu lakukan dalam upaya menyembuhkan patah hati. Hal-hal yang akan membuatmu lupa sejenak dengan kesedihanmu. Kegiatan seperti memasak menu-menu baru, memancing, traveling, berkebun, dan hal menyenangkan lainnya dapat membuat pikiranmu teralihkan dari kesedihanmu. Jadi kamu ga melulu kepikiran soal mantan.

Melakukan kegiatan outdoor dan memperluas pertemanan dapat membuat kamu berkesempatan bertemu dengan orang baru. Kamu bisa punya kenalan dan teman baru yang akan membuatmu semakin cepat melupakan mantan.

5. Bersabar dan siapkan diri untuk hal baru.

Banyaknya kenangan bersama mantan tentu tidak akan mudah hilang dapat waktu yang cepat, namun kamu perlu bersabar. Jika kamu berusaha, maka perlahan kamu akan dapat menyembuhkan patah hatimu. Lupakan semua patah hatimu dengan cara yang baik, sabar, tanpa ada dendam. Memiliki dendam dengan masa lalu hanya akan menyakiti dirimu dan membuatmu makin terpuruk. Saat waktunya tiba, berdamailah dengan masa lalu. Jadikan kesalahan di masa lalu sebagai pengalaman dan ambil pelajaran untuk mejadi pribadi yang lebih baik lagi. Siapkan dirimu untuk hal baru. Nanti saat patah hatimu benar-benar sembuh, jangan menutup diri dan takut untuk memulai hubungan baru. Sudah saatnya kamu menemukan bahagiamu.

 

Well, sekian dulu tipsnya. Semoga informasi di atas membantu. 

 

 

 

17 Komentar Tambahkan milikmu
  1. Setuju sama stalking mantan harus dihentikan. Soalnya bikin makin penasaran mantan lagi apa dan jalan sama siapa. Ujung-ujungnya makin sakit terus nangis lagi. Aku pernah patah hati, aku alihkan ke belajar IELTS, sebulan langsung move on dan IELTSku juga lumayan oke. ahaahaha

  2. duh patah hati tuh emang nyebekin banget yaaa.. bisa bikin drop mood dan bikin ngga pengen ngapa ngapain.. huhu. tapi mesti diinget, mendingan sakit hati dibanding sakit gigi sih.. jadi harus terus berusaha buat bangkit lagi abis patah hati yaaa

  3. Bagus sekali upayanya
    Pastinya kalau aku harus yakin dengan benar bahwa semua sudah takdirNya
    Semua sudah digariskan akan mengalami kekecewaan, makanya sering saya hanya menangis tapi tidak sampai membenci

  4. Seumur hidup pernah juga mengalami patah hati, heuheu. Manusiawi ya. Saat itu saya memilih memperbanyak aktivitas positif. Kebetulan waktu itu sudah kerja. Jadi nyari kesibukan tambahan semacam lembur tau jadi PIC project kantor. Lumayan membantu.

  5. patah hati itu emang berat kk, gak hanya sama manusia, sama hewan juga sama beratnya, apalagi ditinggal pas lagi sayang sayangnya eh ^_^
    tapi waktu kadang bisa menyembuhkan, jadi kalau belum bisa lupain, terima saja, pada waktunya pati akan timbul rela

  6. Aduh-aduh soal memulihkan diri dari patah hati ini rasanya luar biasa sih. Hehe ada satu waktu aku nangis 5 hari krn gak jadi nikah sama seseorang. Dan paling ampuh itu dengan menyibukkan diri kita dengan kegiatan lain. Wajib sibuk dan berkegiatan apapun pokoknya.

  7. Obat patah hati adalah jatuh cinta lagi. Hehe.. Trus jangan biarkan hati ‘meratap’ lama2. Bertemu dengan orang2 dengan aura positif bisa membantu kita menjadi lebih baik. Jauhi medsos dulu dah. Bisa gak yaaaa.. Stalking nya ditunda dulu

  8. Patah hati membutuhkan waktu yang cukup lama untuk sembuh kembali, penting memang untuk membangun kesadaran kalau berkesedihan berlarut2 itu tak baik. Betul itu, paling enak adl mengalihkan fokus ke pekerjaan lain, jadi tak merasa kosong2 amat

  9. Untung zaman pacaran dulu belum ada medsos, jadi ga bisa stalking wkwkwk.
    Untung juga patah hatinya juga yang gak kayak gimana gimana. Ketemu teman teman se geng udah ketawa ketawa lagi wkwkkw emang cinta monyet sih..

  10. Memang bener ya, kalau lagi ada masalah itu lebih baik berbagi dengan orang lain, jangan dipendam sendiri. Dan yang terpenting harus bisa mengalihkannya dengan kegiatan yang positif dan jangan lupa mendekatkan diri pada Allah

  11. Supaya bisa move on dari patah hati harus bisa menerima keadaan & berpikir positif ya, gak mudah memang apalagi dikasih naseihat pastinya suka kesel awalnya hehehe. Namanya perempuan suka curhat biar lega asal temen yag dicurhati juga gak ember ya

  12. Sering nggak habis pikir melihat sikap orang-orang pada seseorang yang sedang patah hati. Nyuruh cepet-cepet move on, nyuruh cepet-cepet nyari yang baru, mencela abis-abisan kalo si patah hati menangis, dsb.
    Aku memilih lebih dulu memutus kontak dengan orang2 toxic seperti itu.

  13. Patah hati memang agak susah, apalagi kalau hubungan itu sudah lama. Kayak adik saya, yang sudha 7 tahun pacaran, tapi satu dan lain hal harus putus, Mbak. Tapi memang orang terdekat wajib sekali jadi penyemangat. Selebihnya harus orang yang patah hati move on. Terus ada satu kalimat sakti, anggap saja memang tak jodoh.

  14. Meninggalkan stalking ini yang awalnya susah karena hati pengen aja pengen tau tentang nya..namun setelah stalking dan komunikasi berhenti perlahan memang bisa sedikit melupakan patah hati..apalagi kalo udah menemukan yang baru…byee patah hati

  15. Setuju, terutama dengan kiat kedua. Curhat ma teman dekat yang kita percaya tuh memang membantu banget. Dulu pernah patah hati yang cukup berat, rasanya udah malas menjalani hidup. Untunglah punya teman-teman yang suportif, lalu sibuk baca buku dan nulis skripsi. Beres deh. Sambil nunggu jodoh yang tepat 🙂

Tinggalkan Balasan ke Karyati Niken Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.