5 Upaya Positif dalam Mengobati Patah Hati

Holla…

Kali ini aku mau membahas mengenai salah satu peristiwa yang sering terjadi di sekitar kita, atau mungkin kita sendiri yang mengalaminya. Patah hati akibat putus cinta, siapa yang pernah mengalaminya?. Namun bagaimana caramu mengobati patah hati?.

Banyak cara untuk mengobati patah hati, tapi tak semuanya merupakan hal positif. terkadang banyak orang berusaha mengobati patah hatinya dengan cara negatif.

“Hei! Move on dong!”

“Udah… lupain aja, cari yang baru”

Banyak orang menyemangati temannya yang sedang patah hati dengan kalimat serupa, tapi apakah itu benar-benar semudah itu?.

Patah hati mungkin salah satu hal yang lumayan umum terjadi dalam kehidupan cinta seseorang. Tak semuanya kisah cinta berakhir indah, layaknya cerita di negeri dongeng. Saat jatuh cinta, tentu seseorang menaruh harapan terhadap orang yang dicintainya. Saat menjalin hubungan, tentu seseorang akan berharap suatu akhir yang bahagia pula. Tetapi masih ada satu kemungkinan lain, yaitu putus cinta. Patah hati memang menyakitkan, dan tak mudah untuk mengobatinya.

Semakin dalam cintamu, maka akan semakin dalam pula sakitnya jika kamu patah hati.

Dalam mengobati dan menyembuhkan patah hati, ada satu kunci utama. Ya, dirimu sendiri.

Berikut hal-hal yang dapat kamu lakukan dalam upaya mengobati patah hati:

1. Menerima Keadaan

Hal yang paling utama  adalah kamu harus menerima keadaan. Jangan membohongi diri sendiri dan terus jujur menerima fakta bahwa dia sudah tak lagi bersamamu.

Banyak orang yang sulit menerima fakta bahwa hubungannya berakhir, malah hal inilah yang akan membuatmu semakin patah hati. Semakin kamu membohongi diri sendiri dan tidak menerima keadaan, maka kamu akan semakin terpuruk.

Jangan memaksakan si dia untuk terus tinggal, sementara hatinya sudah tidak lagi bersamamu. Hal ini malah akan mengarah pada suatu hubungan yang tidak sehat.

So, let’s be real. Saatnya untuk menerima keadaan!

2. Cari tempat untuk bercerita, jangan pendam kesedihanmu sendiri!

Setelah mengalami patah hati, seseorang perlu tempat untuk bercerita dan mencurahkan segala kesedihannya. Memendam kesedihan sendiri bukanlah solusi, malah dapat berdampak buruk terhadap psikis. Seseorang dengan emosional yang tidak stabil sebaiknya mencari teman curhat agar tak melakukan hal-hal buruk. Kamu dapat bercerita, mengeluarkan uneg-unegmu, bahkan menangis, sehingga kamu dapat menjadi sedikit lebih lega.

Mendekatkan diri pada Tuhan, berdoa dan bercerita kepadaNya juga dapat dilakukan untuk mengurangi kesedihan hati. Melakukan kegiatan-kegiatan kerohanian juga dapat membuat hati terasa semakin damai dan membantu dalam proses penyembuhan patah hati.

3. Berhenti ‘stalking’ mantan!

Saat dia pergi, maka biarkanlah dia pergi.

Sebaiknya hentikan sifat kepo terhadap mantan. Let him go.

Memutus kontak hingga kamu benar-benar sudah dapat menyembuhkan patah hati adalah hal wajar. Blokir kontak mantan, bukanlah hal kekanak-kanakan. Namun hal ini merupakan salah satu cara upaya dalam mengobati patah hati. Jauhkan dirimu dari kabar tentang mantan, sahabatnya, ataupun lingkungannya. Menjalani kehidupan di bawah bayang-bayang masa lalu bukanlah hal yang bagus untuk menyembuhkan patah hati.

Unfollow/mute instagram, twitter, facebook dan media sosial lain terkait dengan mantan adalah salah satu upaya mengobati patah hati. Menjauhi media sosial untuk sejenak juga dapat membuat kamu lebih baik. Hal yang rawan dilakukan orang yang baru putus cinta adalah mencari-cari perhatian lewat media sosial.

Well, stop making any stories or post about your heartbreak!  that’s not cool at all, guys.

Jangan terlalu mengumbar ‘betapa terpuruknya kamu akibat putus cinta’ atau ‘berpura-pura kuat pasca putus cinta’ hanya untuk menarik perhatian mantan. Hal ini hanya akan menyakiti dirimu sendiri.

4. Sibukkan dirimu dengan kegiatan positif

Banyak hal positif yang dapat kamu lakukan dalam upaya menyembuhkan patah hati. Hal-hal yang akan membuatmu lupa sejenak dengan kesedihanmu. Kegiatan seperti memasak menu-menu baru, memancing, traveling, berkebun, dan hal menyenangkan lainnya dapat membuat pikiranmu teralihkan dari kesedihanmu. Jadi kamu ga melulu kepikiran soal mantan.

Melakukan kegiatan outdoor dan memperluas pertemanan dapat membuat kamu berkesempatan bertemu dengan orang baru. Kamu bisa punya kenalan dan teman baru yang akan membuatmu semakin cepat melupakan mantan.

5. Bersabar dan siapkan diri untuk hal baru.

Banyaknya kenangan bersama mantan tentu tidak akan mudah hilang dapat waktu yang cepat, namun kamu perlu bersabar. Jika kamu berusaha, maka perlahan kamu akan dapat menyembuhkan patah hatimu. Lupakan semua patah hatimu dengan cara yang baik, sabar, tanpa ada dendam. Memiliki dendam dengan masa lalu hanya akan menyakiti dirimu dan membuatmu makin terpuruk. Saat waktunya tiba, berdamailah dengan masa lalu. Jadikan kesalahan di masa lalu sebagai pengalaman dan ambil pelajaran untuk mejadi pribadi yang lebih baik lagi. Siapkan dirimu untuk hal baru. Nanti saat patah hatimu benar-benar sembuh, jangan menutup diri dan takut untuk memulai hubungan baru. Sudah saatnya kamu menemukan bahagiamu.

 

Well, sekian dulu tipsnya. Semoga informasi di atas membantu. 

 

 

 

(Visited 47 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *