9 Hal Seru agar Kamu Tidak Bosan di Rumah

Holla…

Apa kabar readers?

Semoga semua dalam keadaan sehat dan selalu bahagia ya.

Tahun 2020 baru berjalan 3 bulan, namun entah mengapa terasa lebih lama dari tahun-tahun lainnya. Tahun 2020 menjadi tahun berduka bagi hampir semua di seluruh dunia. Pandemi Corona yang mulai menghantui Bumi dimulai di awal tahun dan terus memburuk hingga saat ini.

Rentetan peristiwa menyayat hati dan menguras air mata tak henti-hentinya terjadi hari demi hari. Hingga saat ini, salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh semua orang, yaitu social distancing dan gerakan stay home / di rumah aja sudah berjalan.

Well, ini tepat hari ke 14 aku melakukan social distancing dan gerakan di rumah aja.

Syukurlah sampai hari ini aku bisa pede bahwa aku safe. Yeay!

Naah, selama 14 hari ini apa aja sih yang bikin aku betah untuk self isolation alias isolasi mandiri di rumah?

Nih, aku mau berbagi hal-hal yang dapat dilakukan selama gerakan di rumah aja. Siapa tau bisa kalian praktekin biar ga bosan hehehe.

1. Bersih-bersih rumah

Aku punya kebiasaan suka bersih-bersih rumah kalau lagi gabut hehe. Selama di rumah, aku bisa lebih sering untuk membersihkan rumah. Bukan cuma karena Covid-19 outbreak aja, tapi.. dengan keadaan rumah yang bersih tentu kita juga terhindar dari penyakit lainnya. Selain itu, aku juga punya waktu luang untuk menata ulang kamarku. Mengubah sedikit dekorasi rumah juga hal seru loh untuk dilakukan biar kamu ga gabut.

2. Berkebun kecil-kecilan di halaman rumah

Sebelumnya aku pernah membahas di artikelku yang lain mengenai menanam stroberi di halaman rumah. Jika rasanya sulit untuk menanam stroberi, mungkin banyak tumbuhan dan sayuran lainnya yang lebih mudah ditanam di halaman rumah. Kamu bisa menanam bawang merah, bawang putih, daun sop, seledri, cabe dan tanaman lainnya. Biasanya, aku meluangkan waktu pagi-pagi untuk berkebun. Yaa meski kebun kecill-kecilan, tapi sekaligus dapat menikmati sinar matahari pagi. Jadi double sehat kan?

3. Berolahraga

Sambil berkebun, kamu bisa melakukan peregangan juga di bawah sinar matahari setiap paginya. Bagi yang punya alat olahraga di rumah, misal seperti treadmill, naah kalian bisa memanfaatkannya. Kebetulan di rumah aku ada beberapa alat olahraga, jadi aku berusaha meluangkan waktuku setiap hari untuk berolahraga.

4. Belajar memasak

Aku punya cita-cita… setelah kelar pendidikan ini, aku mau ikutan audisi master chef hehehe. Naah, sekarang ini adalah waktu yang tepat untuk mengasah kemampuan memasakku. Memasak makanan favorit setiap harinya, tentu ga bakal bikin bosan. Kalau setiap hari dilatih, tentu lama-lama bisa handal dong masaknya, dan masakannya juga makin enak. Well, memasak itu seru loh. Mulai coba dari menu-menu simpel, kalau udah lancar, bisa coba masak rendang daging ntar! Kalah tuh rumah makan padang hehehe.

5. Merawat tubuh

Merawat tubuh, mulai dari ujung kaki hingga ujung kepala ga harus selalu di salon kok. Kamu bisa lakukan di rumah. Tentunya harus ada produk-produk skincare, haircare dan yang lainnya. Kalau sebelumnya kamu punya sedikit waktu untuk merawat diri, sekarang punya waktu lebih. Jangan disia-siakan!

baca juga COSRX  Advanced Snail 96 Mucin Power Essence Review

 

6. Menonton film

Menghabiskan waktu dengan cara menonton film dan drama juga ga kalah seru. Mumpung lagi banyak promo kuota internet dari beberapa provider nih, manfaatkan dong!. Selama 14 hari ini, kayaknya udah banyak film dan drama yang kutonton hingga abis. Film-film superhero dari Marvel juga dapat masuk dalam list menonton kamu. Buat yang belum sempat nonton The Avengers: Infinity War dan End Game mungkin bisa ditonton sekarang. Buat yang mau rewatch juga bisa. Eitss, tapi harus hati-hati, buat kamu yang hobi nonton sambil ngemil. Aku ga tanggung jawab kalo berat badan kamu naik abis ini.

7. Bermain social media

Lewat social media, kita bisa membagikan banyak hal informatif dan inspiratif ke orang-orang. Seperti artikel ini, contohnya. Aku ingin berbagi untuk orang-orang melalui tulisanku. Naah, jangan cuma gunain social media buat julid dan kepoin doi aja. Tapi buat social mediamu menjadi hal yang bermanfaat juga bagi dirimu dan orang lain.

8. Belajar dan Mengerjakan Tugas

14 hari di rumah, bukan berarti otakku harus libur juga dong. Dengan kecanggihan teknologi saat ini, kita bisa mengakses banyak informasi untuk belajar. Selain itu, fasilitas penyedia pembelajaran online (daring) juga tersedia banyak di jaman teknologi ini. Website yang berisi ribuan jurnal dan ebook juga banyak yang tersedia secara gratis. Jadi ga ada alasan untuk tidak belajar dan tidak mengerjakan tugas ya.

9. Mendekatkan diri dengan Tuhan

Hal yang terpenting dalam musibah ini, adalah bagaimana kita menyadari bahwa kekuasaan Tuhan jauh di atas segalanya. Aku tidak bermaksud menggurui, namun melalui musibah ini mungkin Tuhan berpesan untuk kita agar menjadi manusia yang lebih dekat dengannya. Mungkin ini ujian bagi kita seluruh umat manusia, untuk melihat bagaimana kita bisa menahan ego, dan saling bahu-membahu untuk membantu sesama.

 

Well, stay safe everyone!

Sekian dulu informasi dari aku, semoga bermanfaat.

(Visited 132 times, 1 visits today)
44 Komentar Tambahkan milikmu
  1. Tahun 2020 berasa lama ya Mbak. Aku selama di rumah aja juga manfaatin waktu buat bersih2 rumah, nonton film, merawat tubuh dan tentunya harus lebih dekat sama Tuhan juga…

  2. Paket internetku sebulan ini tembus 100gb hehe, cuma buat download film dan serial. Sampai bingung mau download apa berikutnya karena hampir semua watchlist didownload hehe. Ngeblog juga bisa jadi salah satu hal seru yang bisa dilakukan dari rumah tuh.

  3. Semoga sehat selalu dan bahagia yah mbak. Banyak nih kegiatan yang bisa dilakukan selama di rumah yah. Memang sih mulai bosan karena sudah sebulan juga,tidak biasanya begini,heehhe. Saya sih juga melakukan beberapa hal yang ada disini seperti nonton,perawatan diri juga.

  4. Tepat saya komen hari ini, sudah 1 bulan melakukan social distancing, gak kerasa ya.
    Tapi hari2 kok rasanya makin berat krn harus memendam rindu bertemu keluarga, tp blm bisa mudik.

    Jd di rumah ya belajar masak aja dr pada bosan.

  5. Banyak hal yang bisa kita lakukan selama beraktivitas dirumah ya kak.. karena kalau diam dan tidak beraktivitas… pikiran bisa buntu dan fisik dapat menjadi sakit…

  6. Galfok dengan kalimat “mau ikut audisi master chef” .. mantaaap!
    Kalau yang biasanya memang udah di rumah aja kaya aku sih, nggak terlalu banyak berbeda sih dengan keseharian sebelum ada covid. Bedanya sekarang nambah aktivitas malah. Kalau dulu anak sekolah, kita bisa ngeblog. Sekarang harus nemenin anak belajar hehe. Tapi seru kok. Aku malah takut kelar covid, anak jadi nggak mau sekolah wkwk. Minta sekolah di rumah aja.. wkwk.

  7. Kegiatan yang paling disenangi sekarang ya mencoba berkebun mbak, walau kecil setidaknya halaman di depan rumah dapat dimanfaatkan dengan baik.

  8. Mbak, social distancing atau gak, aku pengen banget berkebun tapi merasa gak bakat ^^
    Banyak sih ynag bisa dilakukan selama di rumah. Tinggal rajin atau gak nya aja. hhehehe

  9. Poin 4 tentang memasak tuh saya bangeeet mbak. Trial error mulu tapi seru dan menyenangkan. Nggak nyangka, masak yang kata saya ituu ribet akhirnya bisa ditaklukan saat pandemik corono

  10. Benaar. Di rumah buanyaakk banget hal bermanfaat yang bisa dilakukan, gak cuma sekedar rebahan aja, jadi makin pusing itumah.
    Cihuuyy, yang rajin masak. Mau masak apa hari ijni Kak? Seru masak ya kalau bahan dan alat mumpuni. Jadi bisa bebas eksplor deh 🙂

  11. Banyak cara dan hal yang bisa kita lakukan selama berada di rumah terus ya. Jadi gak perlu takut bosan, lakukan hal yang menyenangkan dan kita suka aja.
    Termasuk saya dan anak-anak, jadi sering buat cemilan hihihi

  12. Dari kesembilan hal yg dapat dilakukan dirumaah saat masa lockdown ini untuk mengurangi kejenuhan, satu yg jadi tugas tambahan saya yaitu belajar berkebun sayuran di belakang rumah.

    Alhamdulillah selama sebulan ini tanaman sudah terlihat tumbuh dengan segar meski blm memetik hasilnya

  13. Alhamdulillah aku nggak bosen selama di rumah. Ada-ada saja yang bisa dikerjain. Salah duanya adalah berkebun kecil-kecilan dan belajar memasak. Hehee.. Yaaa walaupun nggak ada pandemi, aku juga bakal tetap stay at home kak. Namanya juga Ibu Rumah Tangga. Profesi baru. Hehe

  14. Kalo mamak beranak balita 2 kayak saya gak terlalu bosan mbak, krn sehari-hari pun sdh begini jg dijalani. Bedanya di wiken ajam biasanya kita mantai sekedar menikmati sunset sambil main odong2. Tp sekrg gak lagi. Anak saya yg sdh mulai bosan, hampir tiap hari minta ke pantai

  15. Bagian paling menyenangkan karena semua keluarga ngumpul
    Pagi siang malam, makan bareng, olahraga bareng dan nyaman aja melihat semua sehat
    Apalagi sekarang jadi rutin yoga sekeluarga setiap pagi
    Kalau salah satu ada yang keluar karena satu urusan, langsung deg2an, was-was jadinya
    Memang saat begini harus dibuat santai. Dibuat asyik aja. Biar gak bosan

  16. Iyaa sebenernya banyak banget hal positif yang bisa kita kerjain di rumah ya. Selama di rumah, saya lagi rajin nyapa sama bantu temen online shop bikin flyer jualan. Jadi ga kerasa setiap harinya

  17. Sebenarnya nggak terlalu beda jauh sih selama sebelum atau sesudah ada pandemi Corona, soalnya emang udah biasa di rumah aja hehehe…. Paling bedanya sekarang lebih jarang jajan di luar. Jadi lebih sering masak di rumah dan bereksperimen nyobain masakan baru. Semoga saja pandemi ini segera berakhir.

  18. Dari semua hal seru yang disebutkan di atas, hanya si nomor 2 yang belum saya coba untuk lakukan. Mungkin berkebun kecil-kecilan di rumah bisa menjadi opsi selanjutnya biar gabosen di rumah terus.

  19. Sepakat no 7 n semua deh, bnyk hal positif bs kita lakukan di rumah. Yg penting jangan stres aja, kondisi ini g hny sama kita aja kan ya. Tp seluruh ny terdampak

  20. di balik wabah ini ternyata ada nilai yang tersembunyi ya kak, kita jadi lebih bisa mandiri dan melakukan hal yang sebelumnya jarang atau bahkan tidak pernah di lakukan

  21. Sebagai ibu muda yang lagi punya bayi 3 bulan, poin 1 dan 9 aku banget. Bersih-bersih dan menata kembali isi rumah keasyikan tersendiri apalagi saat rumah jadi rapi dan bersih rasanya puas.

    No 9 juga sama, bukannya aku mau unjuk ibadah, hehe tapi emang kondisi sekarang bikin makin sadar bahwa kita sangat butuh perlindungan-Nya. Poin lainnya juga menginspirasi bgt karena walau udah biasa di rumah, tapi butuh kreativitas juga biar makin betah di rumah.

  22. Saya nonton film. Sekarang lagi menanti beberapa drama Korea on-going, jadi ada harapan tidak akan sedih saja di rumah dalam musim begini. Tetapi, apapun yang dilakukan di rumah tetap membosankan jika dalam waktu yang lama. Semoga situasi segera membaik ya.

  23. Iya nih, WFH juga harus bikin kita makin produktif ya. Saat kondisi udah pulih nanti, kita bisa langsung tancap gas. Aku juga langsung belajar kursus online dan memperbaiki blog. Biar ga kalah saing dengan lainnya.

  24. Saya lebih banyak menggunakan media sosial saat berada di rumah di masa pandemi Covid-19 ini. Mulai dari mencari informasi yg valid, berinteraksi dg teman2, hingga membuat postingan yg bermanfaat atau menghibur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *