Mari Mengenal Apendisitis Akut “Radang Usus Buntu Akut”

Holla…

Kali ini aku mau berbagi mengenai info kesehatan.

Ada yang tau apendisitis?

Apendisitis yang juga secara awam sering disebut sebagai radang usus buntu merupakan penyakit yang mungkin sudah familiar dikalangan masyarakat.

Namun masih banyak hoax yang beredar mengenai penyakit ini. Kali ini aku mau berbagi informasi mengenai penyakit ini. Info yang akan aku berikan, aku sadur dari textbook dan beberapa jurnal kedokteran ya. Sekaligus mau berbagi pengalamanku saat bertemu pasien apendisitis di rumah sakit.

well, let’s we start!

Pada apendisitis, pertama-tama kita harus tau dulu anatomi atau letak organnya dimana. Sebenarnya usus yang bermasalah itu dimana sih?

Gambar. Anatomi sistem pencernaan manusia

Gambar. Anatomi usus besar, sekum dan apendiks.

Apendiks disebut juga umbai cacing. Istilah usus buntu yang dikenal di masyarakat awam sesungguhnya kurang tepat karena usus buntu yang sebenarnya adalah sekum.

Apendiks merupakan organ berbentuk tabung panjangnya kira-kira 10 cm (kisaran 3-15 cm), dan berpangkal di sekum. Lumen atau salurannya sempit di bagian pangkal dan melebar di bagian ujung.

Apendiks menghasilkan lendir sebanyak 1-2 ml perhari. Normalnya lendir itu dicurahkan ke dalam lumen dan selanjutnya mengalir ke sekum. Hambatan aliran lendir di muara apendiks berperan pada patogenesis apendisitis.

Organ yang tidak diketahui fungsinya ini sering menimbulkan masalah kesehatan. Peradangan akut apendiks (apendisitis) memerlukan tindakan bedah segera untuk mencegah komplikasi yang umumnya berbahaya.

Imunoglobulin sekretoar yang dihasilkan oleh GALT (gut associated lymphoid tissue) yang terdapat di sepanjang saluran cerna, termasuk apendiks, ialah IgA. Imunoglobulin itu sangat efektif sebagai pelindung terhadap infeksi. Namun demikian, pengangkatan apendiks tidak memengaruhi sistem imun tubuh karena jumlah jaringan limfe di sini sedikit sekali jika dibandingkan dengan jumlahnya di saluran cerna dan di seluruh tubuh.

Penelitian epidemiologi menunjukkan peranan kebiasaan makan makanan rendah serat dan pengaruh konstipasi terhadap timbulnya apendisitis. Konstipasi akan menaikkan tekanan intrasekal, yang berakibat timbulnya sumbatan fungsional apendiks dan meningkatnya pertumbuhan kuman flora kolon biasa. Semuanya ini akan mempermudah timbulnya apendisitis akut.

Gejala yang umum timbul pada apendisitis akut adalah:

  • Nyeri perut kanan bawah
  • Terkadang nyeri sampai ke ulu hati diikuti rasa mual dan muntah
  • Penurunan nafsu makan
  • Demam

Jika tanda-tanda ini kamu rasakan, sebaiknya segera ke dokter atau rumah sakit untuk dilakukan pemeriksaan.

Jika tidak segera, maka ditakutkan akan terjadi komplikasi yang lebih serius.

Selain dengan pengobatan, saat keadaan akut apendisitis perlu dilakukan tindakan pembedahan apendektomi (pengangkatan bagian apendiks), namun ini diputuskan oleh Dokter Spesialis Bedah ya. Jangan mendiagnosis diri sendiri. Serahkan pada ahlinya.

Kebiasaan makan mie instan, makan biji jambu, makan pedas, minum es dan lain-lain secara teori ga berhubungan dengan kejadian apendisitis ya. Jadi jangan sebarkan hoax yang ga jelas kebenarannya.

Makan makanan yang kaya serat, minum air putih yang cukup dan rajin berolahraga serta segera periksa dan konsultasi ke dokter jika merasa ada keluhan.

Well, mungkin sekian dulu informasi mengenai apendisitis ya. Semoga info di atas bermanfaat.

 

(Visited 86 times, 1 visits today)
Spread the love
33 Komentar Tambahkan milikmu
  1. Wah usus buntu, saya sudah pernah mengalaminya kak.. dan sudah angkat saat operasi. Kejadiannya waktu saya masih SMP kelas 1, masih inget banget waktu itu ijin gak bisa masuk skul padahal lagi ujian semensteran. Sakitnya luar biasa kalau diingat-ingat, orang sampai gak bisa jalan kok. Untung aja ortuku kala itu tanggap dan langsung di bawa ke UGD. Dokternya pun tanggap dan langsung dirujuk untuk operasi. Cukup sakit nunggu 1 malam dan keesokan harinya pun operasi deh.

  2. Pernah mengalami sakit banget waktu radang usus buntu akut. Awalnya kurang paham kalau itu usus buntu, jadi suka minum penahan sakit saja. Sampai akhirnya sakitnya sudah tak tertahankan dan ternyata kondisinya udah gawat. Hari itu juga aku harus masuk ruang operasi euy. Kata dokternya, untung cepat ketahuan dan ditangani segera. Terlambat sedikit saja bisa bahaya banget. Duh, pokoknya kalau muncul gejala sakit tertentu, mending langsung deh periksa ke dokter

  3. Kebiasaan makan mie instan, makan biji jambu, makan pedas, minum es, dll. Yah! Ku pun brfikir ini salah satu penyebab usu buntu kak. Cz kayak udah didoktrin gitu sma org tua kta dlu. Tapi trnyta hoaks y kak. Hee.. Mksh buat infony kak

  4. Wah ternyata soal makanan pedas, mie instan, biji jambu yang bisa menyebabkan usus buntu itu salah ya? Baru tahu lo. Tapi ngeri Juga yaa.. aku kadang kalau perut sakit suka takut sendiri.. semoga saja sehat-sehat selalu semuanya ya.

  5. Ternyata apa yanh dibilang orang-orang makan biji jambu, yang pedes-pedes termasuk sering minum air es bisa menimbulkan radang usus buntu itu ternyata cuma mitos ya. Terima kasib nih infonya Mbak. Bermafaat sekali.

  6. Pernah dengar sih ada yang mengalami usus buntu yang pada akhirnya sampai dipotong ususnya ternyata seperti ini ya prosesnya dan gejala-gejalanya jadi tahu dan bisa preventif sejak dini

  7. Ternyata ukurannya hanya sekitar 10cm ya, jadi pun kalau diangkat tak berakibat fatal. Wah iya bener bgt jaman dulu sering ditakutin sm biji cabe atau biji jambu :3

  8. Luar biasa sekali, mama aku suka banget lho sakit perut bagian kanan sampai mules gitu, mesti di cek kali ya biar make sure baik-baik saja.. jadi bertambah informasi mengenai kesehatan neh

  9. Kadang kita sepele dengan pola makan dan apa yg kita makan. Salah satu dampak akhirnya bisa beresiko terkena radang usus buntu ini. Semoga kita bisa semakin menjaga tubuh kita ya,,
    Btw, artikel ini membantu masyarakat agar gak mudah kemakan info hoax.

  10. Keluarga kakakku, anaknya umur 8 tahun sudah harus operasi usus buntu. Istrinya juga operasi usus buntu. Berarti memang pengaruh pola makan yang kurang sehat ya, bukan semata makanan pedas atau biji-bijian saja.
    Terima kasih infonya, mbak. Yang membedakan gejalanya dengan sakit mag berarti terletak pada demamnya, karena pada penderita mag seperti saya hanya nyeri di bagian lambung & ulu hati, tanpa adanya gejala demam.

  11. Saya dulunya kalaua da yang sakit usus buntu, itu karena doyan makan pedas-pedas. padahal tidak selamanya ya, Mbak. Makanya saya sampai termakan hoax dan akhirnya menghindari makan pedas. Tapi kalau saya kebanyakan makan pedas, pasti mulas hahaha.

    Jadi lewat artikel ini semaki tercerahkan saya, Mbak. Sekaligus menepis mitos kebanyakan makan mie instan bisa usus buntu, termasuk jambu biji. Terima kasih sharingnya, Mbak Mutiara.

  12. Jadi murni karena makanan rendah serat ya kak.. pemicu sakit usus buntu…dulu taunya (memang) sebatas yang salah… makan pedaslah… makan jambu biji yg menyebabkan bijinya tertinggal dan menjadi usus buntu..TFS kak… jadi lebih tahu sekarang

  13. Iya kata temenku yg dokter juga bukan pengaruh dari makanan, tapi karena bakteri usus besar yg masuk ke apendix, jadi suka2 dia gitu. Tapi akupun punya tetangga yg 3 dari 4 anggota keluarga nya operasi “usus buntu”, yg kulihat mereka suka makan mie instan dan pola makannya juga ga teratur sih. Semoga kita diberikan kesehatan selalu ya Mba

  14. informatif banget nih. Oh ya, kalo boleh ijin bisa ditambahi gejalanya ya kak, umumnya penderita apendik akut maupun kronik akan merasa kesakitan saat kaki kanan diangkat dengan posisi tertekuk. Inilah yg paling membedakan gejalanya dengan gangguan maag (asam lambung) :).

    1. Pada pemeriksaan fisik, biasanya dilakukan pemeriksaan obturator dan psoas sign dimana ada gerakan mengangkat dan menekuk kaki kanan. Biasanya pasien apendisitis akan merasakan nyeri akibat bagian yang mengalami peradangan tergesar atau bergerak.

  15. Wah, ternyata mi instan, jambu biji dan sejenisnya yang kuketahui selama ini nggak ada hubungannya. Btw memang banyak yang percaya juga ya Kak. Dan, temanku dulu pernah sakit di perut kanan bawah, akhirnya dioperasi kak.

Tinggalkan Balasan ke Deny Irwanto Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *