Harapanku: Wajah Baru untuk Ibukota baru, Indonesiaku

Holla…

Akhirnya kita sampai pada bulan Agustus, bulan kedelapan di tahun 2019 dan juga bulan dirayakannya kemerdekaan Indonesia. Di paruh kedua tahun ini banyak muncul hal-hal yang menarik untuk dibahas bersama. Salah satunya adalah berita pemindahan ibukota ke Kalimantan yang menjadi berita hangat di berbagai media. Sebagai salah satu rakyat Indonesia, aku ingin mengeluarkan sedikit opini dari sudut pandangku mengenai hal ini.

Wacana pemindahan ibukota bukanlah hal yang baru. Konon, wacana ini sudah ada sejak jaman Presiden Soekarno. Masihku ingat juga, beberapa tahun yang lalu hal ini pernah dibahas di beberapa siaran tv Indonesia. Pemilihan Kalimantan sebagai calon wajah baru untuk ibukota Indonesia yang baru juga tidak membuat kaget lagi. Gagasan pemindahan ibukota yang makin marak dibahas sejak kepemimpinan Presiden Jokowi ini memang masih menimbulkan pro dan kontra di kalangan masyarakat. Sesuatu tentu tidak lepas dari pro dan kontra, hal yang sangat wajar karena setiap orang akan merasakan dampak yang berbeda-beda. Ada yang merasa diuntungkan, dirugikan, dan ada yang merasa biasa saja alias “b aja” dengan hal ini. Namun, aku yakin akan banyak hal positif dari gagasan pemindahan ibukota ini. Hal yang sudah direncakan dalam waktu lama dan dengan segala pertimbangannya oleh para ahli. Hal yang serupa sebenarnya bukanlah hal yang baru. Sebelumnya negara lain seperti Brasil, Pakistan, Nigeria, dan Jerman berhasil melakukan pemindahan ibukota juga.

Dari kacamata awam yang melihat secara subjektif namun berusaha untuk se-objektif mungkin, gagasan pemindahan ibukota didorong oleh harapan agar terjadinya perubahan lokasi ibukota menjadi lebih strategis, pemerataan pembangunan dan mengurangi kepadatan kota Jakarta sebagai kota tersibuk di Indonesia saat ini.

Ibukota baru tentu adalah sebuah harapan yang diharapkan akan menjadi sebuah pusat pemerintahan yang kuat untuk negara Indonesia. Jika ibukota dipindahan, tentu semua bagian pemerintahan di segala sektor akan dipindahkan. Secara fisik kita akan melihat perpindahan gedung serta area perkantoran ke Pulau Kalimantan. Secara perlahan, namun pasti akan membuat daerah Kalimantan menjadi lebih ramai. Pusat perekonomian dan bisnis perlahan juga akan pindah. Tentu sudah terbayang akan terjadi migrasi besar-besaran ke Kalimantan dari pulau Jawa jika hal ini terjadi. Namun, jika diregulasi dengan baik akan memberikan dampak positif untuk pemerataan tempat tinggal serta perekonomian di Indonesia.

Sebagai orang yang tidak tinggal di Jakarta, tentu aku merasakan perbedaan yang sangat timpang jika dibandingkan dengan daerah domisiliku di Sumatera. Terutama mengenai infrastruktur dan kepadatan penduduk yang dirasakan. Dengan adanya gagasan pemindahan ibukota, tentu harapan pemerataan akan dapat tercapai dengan baik.

Namun, banyak pula opini kontra mengenai gagasan pemindahan ibukota ke Kalimantan ini. Perpindahan ibukota tentu memberikan dapat negatif terhadap pusat bisnis yang banyak berpusat di Jakarta. Tentu akan ada pihak yang mengalami kerugian besar-besaran dengan gagasan pemindahan ibukota ini nantinya.

Pemindahan ibukota juga akan melibatkan pembukaan lahan baru. Kalimantan yang terkenal sebagai salah satu paru-paru dunia karena merupakan salah satu penyumbang oksigen terbesar dengan hutannya yang masih asri tentu sangat dikhawatirkan oleh banyak orang. Pembukaan lahan baru, eksploitasi lahan dan hancurnya hutan Kalimantan menjadi salah satu alasan berbagai pihak kontra dengan gagasan pemindahan ibukota ini.

Seperti yang sudah kubilang diawal, akan banyak pro dan kontra yang akan terjadi. Namun jika masyarakat memberikan dukungan dan membantu mengupayakan agar meminimalisir dampak negatif yang terjadi agar lebih banyak dampak positif yang kita rasakan nantinya, tentu akan jauh lebih baik.

Tidak dapat kita pungkiri bawah Jakarta sudah semakin semakin padat dan sesak. Sudah banyak keluhan mengenai masalah lingkungan. Hal ini menyebabkan idealnya Jakarta sebagai ibukota mulai berkurang. Pemerintah saat ini sudah berani untuk mengambil keputusan yang tentu memikirkan dampak jangka panjang untuk Indonesia kedepannya. Semoga dengan regulasi yang baik, gagasan pemindahan ibukota ke Kalimantan ini dapat terlaksana dengan baik dan tujuan yang dicita-citakan tercapai.

Sekian dulu, pembahasan kita di artikel kali ini. Selamat Bulan Agustus!

Info selengkapnya di http://ibukotabaru.bappenas.go.id/

#Bappenas dan #IbuKotaBaru
(Visited 123 times, 1 visits today)
Spread the love
9 Komentar Tambahkan milikmu
  1. Pemindahan ibukota memang sangat diperlukan melihat kondisi Ibukota yang sekarang sudah semakin banyak. semoga menjadi solusi baru untuk Indonesia ya kak, terutama untuk pembangunan dan ekonomi masyarakat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *