(Kuliner) Takoyaki vs Okonomiyaki, Mana yang Lebih Enak?

Holla…

Kali ini kita bakal bahas mengenai jajanan khas jepang takoyaki dan okonomiyaki~~

Udah ga asing lagi kan sama namanya. Kedua makanan ini memang sudah banyak dijual di Indonesia, baik di tempat makan mewah, maupun pake gerobak kaki lima.

Takoyaki, konon kabarnya berasal dari daerah kansai, Jepang. takoyaki dibuat seperti bola-bola dari adonan terigu dan biasanya diisi dengan potongan gurita. Kalo biasanya beli takoyaki, ga mungkin dong satu aja… ga cukup laah wkwk. Biasanya satu porsi takoyaki berisi 5-8 buah dan di atasnya juga ditaburi saos khas takoyaki dan katsuobushi (ikan cakalang kering yang sudah diserut seperti serutan kayu). Seiring berkembangnya inovasi-inovasi penjual takoyaki, sekarang takoyaki sudah hadir dalam berbagai varian isi. Selain gurita, kini takoyaki ada yang diisi dengan cumi, udang, keju, sosis , dan ikan.

Sederhananya, ada beberapa jenis takoyaki,

  1. Takoyaki polos
  2. Takoyaki dengan saus
  3. Takoyaki dengan kecap asin
  4. Akashiyaki (Tamagoyaki)

Tamagoyaki agak sedikit berbeda dari takoyaki secara umum. Teksturnya lebih unak dan lebih banyak kandungan telur. Tamagoyaki ini biasanya dihidangkan dengan kuah (dashi).

Okonomiyaki sendiri juga berasal dari adonan terigu yang ditambah sayuran serta seafood (bisa gurita, udang, cumi-cumi , ikan dll). Campuran adonan ini kemudian digoreng di wajan membulat seperti biasa memasak telur dadar atau pancake. Okonomiyaki juga ditaburi dengan katsuobushi serta saos di atasnya. Beberapa juga menambahkan keju mozarella di atasnya. sebenarnya sih ini suka suka aja, sesuai selera.

Kali ini aku coba beli takoyaki dan okonomiyaki di salah satu tempat jajanan yang murah meriah. Harga satu porsi takoyaki isi gurita hanya 14k dan untuk okonomiyaki isi gurita 23k. Untuk rasanya? lumayan enak. Adonannya pas dan isi guritanya lumayan banyak, serta katsuobushi nya banyak hehe…

Mana yang lebih enak?

Menurut pendapat pribadi sih, suka dua-duanya, tapi kalau harus memilih, aku pilih okonomiyaki, karena ada isi sayurannya dan porsinya lebih besar hehe… tapi itu balik lagi ke selera masing-masing ya… untuk kalian yang penasaran, mungkin bisa coba keduanya ๐Ÿ™‚

Sekian dulu bahasan makanannya, hmm jadi lapar nih, Next enaknya bahas apa lagi ya??

 

Thank you for visiting my blog, semoga informasinya bermanfaat ๐Ÿ™‚

 

(Visited 403 times, 1 visits today)
Spread the love
6 Komentar Tambahkan milikmu
    1. di pasar ikan, di pasar kaget, di pasar pantai ada kok fir. aku sering beli di pasar pantai, pernah beli ukuran 1/2 kg 1 ekor. pusing ngebersihinnya wkwk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *