(Health Info) Mari Kenali Stroke dan Pencegahannya dari Dini

Holla, ini pertama kalinya aku bikin postingan soal kesehatan. Kali ini yuk kita bahas mengenai Stroke. Mungkin teman-teman sekalian sudah tidak asing lagi dengan nama tersebut.

Sebenarnya, Apa itu Stroke?

Menurut World Health Organization atau WHO, Stroke merupakan suatu sindrom klinis yang terdiri dari gejala klinis yang berkembang dari gangguan fungsi otak baik fokal maupun global yang berlangsung selama 24 jam atau lebih dan juga dapat menyebabkan kematian. Stroke sendiri juga tercatat sebagai penyebab kematian kedua tersering dan sekaligus penyebab disabilitas lama  dan serius di dunia.

Stroke dapat disebabkan oleh gangguan suplai darah ke otak, biasanya akibat pecahnya pembuluh darah atau karena adanya oklusi atau sumbatan. Hal yang terjadi ini menyebabkan pasokan oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan menjadi terhambat sehingga menyebabkan kerusakan pada jaringan otak.

Salah satu gejala stroke yang paling umum adalah kelemahan mendadak atau mati rasa. Hal ini dapat terjadi pada daerah wajah, lengan dan kaki. Hal ini dapat terjadi pada satu sisi tubuh saja ataupun kedua sisi. Gejala lain yang dapat terjadi, seperti kebingungan, kesulitan berbicara bahkan juga dapat kesulitan memahami pembicaraan, masalah pada pandangan (hal ini dapat terjadi pada satu sisi mata atau keduanya), kesulitan berjalan, pusing, kehilangan keseimbangan ataupun koordinasi, hingga tidak sadarkan diri. Efek stroke tergantung pada bagian otak yang terkena dan seberapa parah kerusakan yang terjadi.

Eitts… jangan kira stroke hanya terjadi pada orang yang sudah tua aja ya. Menurut data Riskesdas 2013, bahkan usia 30an udah ada yang terkena stroke serta baik wanita dan pria juga memiliki risiko yang sama terkena pennyakit stroke. Mumpung masih muda, ga ada salahnya kan untuk kenal sama Stroke serta tau pencegahannya duluan.

Apa saja hal-hal yang dapat dilakukan untuk mencegah stroke?

Pencegahan terhadap stroke dapat dilakukan dengan upaya perbaikan gaya hidup dan pengendalian berbagai faktor risiko stroke.

  1. Mengatur pola makan yang sehat

Konsumsi makanan tinggi lemak dan kolesterol dapat meningkatkan risiko terkena serangan stroke, sebaliknya risiko konsumsi makanan rendah lemak dan kolesterol dapat mencegah terjadinya stroke.

  1. Penanganan stress dan istirahat yang cukup

Buat kamu yang masih muda, jangan kebanyakan stress yaa.. enjoy day with positive spirit and be happy 🙂 . Jangan lupa juga buat istirahat yang cukup, biasanya nih mahasiswa yaa yang hobi bergadang. Kalau kata Bang Rhoma Irama itu ya,

Bergadang jangan bergadang, kalau tiada artinya. Begadang boleh sajaAAAA kalau ada perlunyaNOHH, sang raja dangdut aja tau wkwk.

Daripada bergadang ngabisin waktu buat marathon drama korea atau main Mobile Legend, mending tidur. Sayang mata, sayang badan guys. Biar bisa menuai juga di hari tua nya nanti eelaah…

  1. Pemeriksaan Kesehatan Secara Teratur dan Taat Anjuran Dokter dalam Hal Diet dan Obat

Faktor-faktor resiko seperti penyakit jantung, hipertensi, dislipidemia, diabetes mellitus (DM) harus dipantau secara teratur. Faktor-faktor resiko ini dapat dikoreksi dengan pengobatan teratur, diet dan gaya hidup sehat yaa.

  1. Beberapa rekomendasi lain dari Guideline Stroke oleh PERDOSSI 2011 yaitu aktivitas fisik yang baik dan juga kendalikan berat badan

Hayoo, jangan malas-malasan yaaa…

Nah.. itu dia sedikit pembahasan mengenai stroke. Next kita lanjut lagi dengan bahasan seputar stroke ataupun bahasan lainnya.

Kalau masih kepo, bisa baca info yang lebih lengkap mengenai stroke di

http://www.who.int

dan juga dapat dibaca di Guideline Stroke 2011 oleh Perhimpunan Dokter Spesialis Saraf Indonesia PERDOSSI

baca juga Kenali Hipertensi dan Pencegahannya dari Dini

Thank you for visiting my blog, semoga info di atas dapat membantu ya 🙂

 

 

(Visited 184 times, 1 visits today)
Spread the love
3 Komentar Tambahkan milikmu
    1. aku sih dulu juga sering begadang, apalagi kalau ujian, malah pernah 2 hari ga tidur2. Tapi mumpung sekarang ada waktu, mending sayangi badan dan coba hidup sehat hehe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *